Libur Panjang Idul Adha, Pertamina Sumbagut Siaga Melayani Kebutuhan Energi Masyarakat

Ilustrasi gas melon alias tabung gas Elpiji 3 Kg.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Medan - Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) tetap siaga melayani kebutuhan energi masyarakat selama libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah. 

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Sebagaimana diketahui bersama Pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada tanggal 28 Juni 2023 dan 30 Juni 2023, sehingga libur Idul Adha menjadi 3 hari ditambah 2 hari libur akhir pekan Sabtu dan Minggu. 

"Kami tetap siaga melayani kebutuhan energi masyarakat. Kami juga menjamin stok BBM dan LPG dalam kondisi aman untuk mendukung kelancaran aktivitas masyarakat jelang dan selama Idul Adha," jelas Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, Kamis 29 Juni 2023.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyiagakan stok BBM dan LPG di kelima Provinsi operasional Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut yang meliputi Aceh, Sumut, Riau, Kepri, dan Sumatera Barat. 

Susanto August Satria dari Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut

Photo :
  • B.S. Putra (Medan)
Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

"Koordinasi antar wilayah terus kami lakukan di antaranya memastikan dan memonitor supply BBM dan LPG bagi masyarakat terpenuhi. Kurang lebih ada 1000-an Lembaga Penyalur BBM, 697 agen LPG PSO (Public Service Obligation), 156 agen LPG NPSO (Non Public Service Obligation) di wilayah Sumbagut yang melayani kebutuhan energi dan tetap akan menyalurkan energi walaupun dalam kondisi libur panjang," tutur Satria.

Melalui Fuel Terminal, Depot LPG, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), SPBU bahkan hingga pangkalan terus dimonitor stocknya. Satria mengungkapkan, kenaikan konsumsi energi baik LPG dan BBM berkisar 3 hingga 5%.

"Selain merayakan Idul Adha, beberapa objek wisata di kelima provinsi yang berada di wilayah Sumbagut diperdiksi akan mengalami kenaikan kunjungan. Sehingga kami telah melakukan penambahan stok LPG 3 kg di beberapa kabupaten/kota berdasarkan kebutuhan masing-masing wilayah," tambahnya.

Sepanjang masa libur, kata Satria, ketahanan stok BBM dan LPG di level aman. Ketahanan stok Regional Sumbagut untuk produk gasoline, gasoil, LPG dan Avtur per 28 Juni 2023 mencapai angka 14 hari. Angka tersebut belum termasuk stock yang berada di kilang dan yang saat ini tengah berada dalam perjalanan diantaranya melalui kapal tanker.

"Kondisi stok itu terus terupdate dan terus secara simultan berjalan terus. Kami mengimbau bagi masyarakat mampu untuk dapat menggunakan BBM dan LPG non subsidi agar akses energi bagi masyarakat yang memang membutuhkan dapat terdistribusi dengan baik," tambah Satria.

Seorang petugas PT Pertamina mengecek truk tangki berisi BBM. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Di samping itu, Pertamina juga memastikan bahwa kondisi sarfas Fuel Terminal, Depot LPG, DPPU tetap dipelihara dan dijaga sesuai standard HSSE sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan dapat menikmati perayaan Idul Adha bersama keluarga dengan suka cita. 

Layanan antar BBM dan LPG yang dilakukan melalui Pertamina Delivery Service (PDS) 135 juga tetap beroperasi. Adapun produk yang bisa dipesan adalah Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, Pelumas Fastron, dan Bright Gas. Layanan ini terbuka 24 jam, dengan pengiriman yang dilakukan dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat mengakses web MyPertamina dan dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya