Sah! Pertamina-Petronas Akuisisi 35 Persen Saham Shell di Blok Masela

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati
Sumber :
  • Pertamina

Tangerang – PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE), menggandeng Petronas Masela Sdn. Bhd. (Petronas Masela) mengakuisisi 35 persen kepemilikan Shell Upstream Overseas Services (I) Limited (SUOS) di Blok Masela.

Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Melalui penandatanganan perjanjian jual beli yang dilakukan pada acara pembukaan Konvensi Indonesia Petroleum Association (IPA Convex 2023) ini, nantinya PHE akan mengelola 20 persen dari kepemilikan tersebut dan 15 persennya akan dikelola oleh Petronas Masela.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, demi memenuhi kebutuhan energi nasional, dibutuhkan komitmen untuk menjaga pasokan migas dari sisi hulu.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

"Selain mengelola lapangan eksisting, maka diperlukan strategi untuk mengembangkan lapangan baru. Salah satunya adalah Lapangan Abadi di Blok Masela ini," kata Nicke di kawasan ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa, 25 Juli 2023.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati.

Photo :
  • Dok. Pertamina
Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Pertamina berharap dapat melakukan kerja sama strategis pengembangan bisnis dan potensi lainnya di masa mendatang," ujarnya.

Nicke menjelaskan, ke depannya Lapangan Abadi Blok Masela berpotensi menyerap hingga 10.000 tenaga kerja, sehingga upaya pengembangannya diharapkan dapat turut membantu percepatan pengembangan area lokal di sekitarnya.

Petronas

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
Supaya, hal itu juga dapat menciptakan lapangan kerja baru guna menyerap tenaga kerja lokal, sehingga akan turut berdampak langsung pada pengembangan ekonomi khususnya di wilayah Indonesia Timur.

"Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s)," kata Nicke.

"Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya