Gelar Asia Road Racing Championship 2023 di Mandalika, InJourney Ungkap Dampak Ekonominya

Konferensi pers InJourney terkait Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

JakartaHolding BUMN Pariwisata dan Pendukung, InJourney, bakal menggelar Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) pada 11-13 Agustus 2023 mendatang. InJourney menggandeng anak usahanya, yakni Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya, serta Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam penyelenggaraan Putaran 4 ARRC 2023 tersebut.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan, pihaknya sangat mendukung balap ARRC di Indonesia ini, karena sejalan dengan misi InJourney dalam rangka penguatan ekosistem pariwisata demi percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Hal itu dilakukan khususnya bagi kawasan Mandalika, sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Sehingga, Maya meyakini bahwa ajang ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi Indonesia, khususnya Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

"Event seperti ini menjadi upaya untuk terus menghidupkan KEK Mandalika, yang pada akhirnya akan memberikan dampak multiplier effect terhadap ekonomi lokal di kawasan KEK Mandalika seperti akomodasi, transportasi, UMKM, penyediaan lapangan kerja, dan sebagainya," kata Maya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 27 Juli 2023.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Maya meyakini, exposure yang dihasilkan dari event ini akan meningkatkan awareness para wisatawan, baik mancanegara dan domestik. Sehingga, diharapkan bakal terjadi peningkatan traficc kunjungan wisatawan, yang berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Tentunya hal ini harus kita jaga, untuk mewujudkan pariwisata KEK Mandalika yang berkelanjutan," ujarnya.

Senada, Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka mengaku, pihaknya sangat menyambut baik kehadiran Kejuaraan Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit tersebut. Dia mengaku, acara ini menjadi salah satu bentuk komitmen ITDC, dalam memajukan sektor pariwisata melalui event-event berkelas internasional.

"Kejuaraan ARRC 2023 akan memberikan pengalaman luar biasa bagi para penonton, dan juga dapat mengenalkan kawasan The Mandalika sebagai destinasi wisata olahraga yang menarik," ujarnya.

Harga Tiket

Diketahui, tiket untuk menyaksikan kejuaraan ARRC 2023 secara langsung di Pertamina Mandalika International Circuit, bisa didapatkan melalui situs resmi themandalikagp.com. Tiket ARRC 2023 itu sendiri dibagi menjadi kategori Premium Grandstand A dan B dengan harga Rp 100.000, Deluxe Class Rp 2.000.000, dan Premiere Class Rp 2.500.000.

Pada Putaran 4 ARRC 2023 ini akan diikuti oleh 19 pembalap Indonesia, yang akan turun di semua kelas yang diperlombakan. Di antaranya yakni kelas Asia Superbikes 1.000cc (ASB 1000), Supersports 600cc (SS600), Asia Production 250cc (AP250) dan Underbone 150cc (UB150). Secara total, terdapat 90 peserta yang mengikuti kejuaraan pada ajang ini, sedangkan dari 19 pembalap muda asal Indonesia merupakan 11 pembalap reguler dan 8 pembalap wild card.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya