Sri Mulyani: Nakama Nami Navigator Andalan Mirip Menteri Keuangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati unggah fotonya yang mirip nakama di One Piece, Nami beserta laporan APBN KiTa.
Sumber :
  • Instagram @smindrawati.

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, dirinya mirip dengan karakter One Piece, Nakama Nami. Sebab, Menteri Keuangan RI dan Nami merupakan perempuan yang harus menentukan arah jalan ke depan sebagai navigator kapal.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Bendahara Negara menjelaskan, dirinya selaku pengatur keuangan negara harus bisa membaca arah perekonomian negara. Hal itu serupa dengan karakter Nakama Nami yang menjadi navigator dalam membaca arah angin hingga badai.

"Bukan karena sesama perempuan, Nakama Nami navigator andalan mirip Menteri Keuangan. Harus mampu menentukan arah jalan, membaca arah angin dan perubahan awan, ombak bergulung dan badai yang datang untuk tidak tersesat di grand line dan tetap fokus menuju tujuan," kata Sri Mulyani lewat Instagramnya @smindrawati, Senin, 14 Agustus 2023.

Sri Mulyani Buka Suara soal Warga Beli Sepatu Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

One Piece

Photo :
  • Netflix

Sri Mulyani mengatakan, dalam membaca arah perekonomian terdapat beberapa ancaman seperti pandemi, inflasi, resesi, El Nino, Artificial Intelligence (AI), hingga geopolitik yang silih berganti.

Minister Predicts Economic Growth to Reach 5.17 Percent in 2024 Q1

"Sebagian besar perekonomian tetangga ditunjukkan dengan PMI yang sedang menderita kelesuan. Namun, kita terus berusaha bertahan," jelasnya.

Dia menjelaskan, realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga akhir Juli 2023 masih menjadi andalan untuk melindungi rakyat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN Kita.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Kementerian Keuangan mencatat, pendapatan negara hingga akhir Juli 2023 mencapai Rp 1.614,8 triliun, belanja Pemerintah pusat Rp 1.020 triliun, yang amna sebesar Rp 564,6 triliun atau 55 persen langsung dinikmati rakyat untuk kesejahteraan.

Dia mengatakan, untuk keseimbangan primer mengalami surplus sebesar Rp 384,5 triliun. Kemudian keseimbangan keseluruhan juga surplus Rp 153,5 triliun, atau naik 44 persen dari 2022.

"Ini laporan transparansi APBN dan pertanggungjawaban bulanan. Nakama Nami sempat dibenci karena dianggap bergabung dengan Arlong sang lawan. Namun, itu taktik untuk selamatkan desa dan handai taulan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya