Kementerian BUMN Targetkan Restrukturisasi Utang Waskita Karya Selesai Bulan Ini

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN), Kartika Wirjoatmodjo.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan tengah melakukan negosiasi dengan perbankan untuk melakukan penyelesaian utang PT Waskita Karya. Pihaknya menargetkan, penyelesaian utang itu rampung pada Agustus 2023.

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Makin Berkembang

“Kita harusnya selesai Agustus ini, paling lambat November. Waskita sekarang lagi negosiasi dengan bank. Bank hampir semua cukup mendukung restrukturisasi Waskita, kita lagi diskusi dengan pemegang obligasi ya,” ujar Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo di JCC, Senayan, Jakarta Selasa, 22 Agustus 2023.

Tiko begitu panggilan akrabnya mengatakan, melalui skema itu sebanyak 85 persen perbankan sudah sepakat. Sedangkan, untuk pemilik obligasi dan vendor pihaknya masih melakukan diskusi untuk mendapat kesepakatan agar tidak dirugikan.

BUMN Indonesia Re Gandeng Akademisi untuk Lahirkan Talenta Muda di Industri Asuransi

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3, yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

“Berikutnya sama teman obligasi dan vendor, akan coba diskusi dan semoga bisa win-win solution ke semua orang, karena ini kondisi berat, dan kita all out di Pemerintah. Dulu kan ada PMN, bentuk jaminan, ada juga penyelesaian PSN (proyek strategis nasional),” ujarnya.

Telkom Indonesia Tebar Dividen Rp 17,68 Triliun, Intip Jadwalnya

Sebelumnya diberitakan, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, proses restrukturisasi PT Waskita Karya harus bisa terwujud, guna menyelesaikan seluruh permasalahan yang tengah dihadapi.

Dia mengaku sangat optimistis bahwa proses restrukturisasi oleh BUMN karya tersebut itu akan berhasil, dan membawa dampak penyehatan yang signifikan bagi perusahaan.

"Yang jelas restrukturisasi itu harus terjadi," kata Erick di Forum Sinergi BUMN-Swasta, kawasan SCBD, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

Gedung Kementerian BUMN.

Photo :
  • Wikagedung.co.id

Dia menegaskan, optimisme akan keberhasilan restrukturisasi Waskita Karya itu ada, sebagaimana keberhasilan restrukturisasi BUMN lain yang sebelumnya juga telah dilakukan seperti misalnya pada Garuda Indonesia hingga PTPN.

"Seperti misalnya restrukturisasi Garuda, kan jadi bagus hari ini. Terus banyak BUMN juga bagus restrukturisasinya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya