Jokowi Resmikan LRT Jabodebek, Tarif Flat Rp 5.000 Hingga Akhir September 2023

Presiden Jokowi bersama sejumlah kepala lembaga negara naik LRT Jabodebek
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Light rail transit (LRT) Jabodebek, hari ini, Senin, 28 Agustus 2023. 

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub menetapkan tarif promo berupa diskon sebesar 78 persen yang diwujudkan dalam tarif flat sebesar Rp 5.000 untuk seluruh lintas pelayanan. Dikatakan, tarif promo tersebut mulai diberlakukan sejak LRT Jabodebek sampai akhir bulan September 2023. 

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan, tarif promo tersebut diberikan kepada masyarakat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-78 RI, serta untuk memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat.

Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

“Melalui pemberian tarif promo ini diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi,” kata Adita. 

Tarif Mulai Oktober 2023

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia juga menjelaskan, setelah tarif flat Rp 5.000, skema selanjutnya yakni pengenaan tarif maksimal Rp 20 ribu untuk jarak terjauh dan di bawah Rp 20 ribu untuk selain jarak terjauh. Kata Adita, skema tarif tersebut mulai diberlakukan pada awal bulan Oktober 2023 sampai akhir Februari 2024.

Sebagai informasi, tarif LRT Jabodebek ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023. Berdasarkan instrumen tersebut, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp 5.000 untuk 1 kilometer pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp 700 per kilometer selanjutnya. 

Pemerintah memberikan subsidi PSO dengan membiayai selisih dari biaya yang diusulkan oleh operator LRT Jabodebek, agar biayanya lebih terjangkau bagi masyarakat banyak. Tarif yang telah ditetapkan ini telah dikaji tim independen Polar UI dan PWC bersama operator dan Kementerian Perhubungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya