Pertamina Bakal Hapus Pertalite pada 2024, Hanya Jual 3 Jenis Bensin

BBM Pertalite di SPBU.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra (Medan)/HO-Pertamina

Jakarta – PT Pertamina (Persero) menyatakan, jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) gasoline atau bensin yang dijual pada tahun 2024 hanya Pertamax yang terdiri dari 3 produk. Nantinya, produk Pertalite tidak lagi akan ditemui di SPBU alias dihapus.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, dua tahun lalu, Pertamina telah memulai program Langit Biru. Untuk program pertama, pihaknya telah menaikkan BBM subsidi RON 88 menjadi RON 90.  

"Nah ini kita lanjutkan sesuai rencana adalah Program Langit Biru tahap dua. Di mana subsidi kita naikkan dari RON 90 ke RON 92, karena aturan KLHK menyatakan oktan number yang boleh dijual di Indonesia itu minimum 91," kata Nicke dalam rapat bersama Komisi VII DPR RI Rabu, 30 Agustus 2023.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Pertalite Diubah Jadi Pertamax Green 92

Nozzle Pertamax Green 95 di SPBU.

Photo :
  • Dok. Pertamina Patra Niaga.
Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Nicke meminta kepada DPR RI untuk mendukung Pertamina. Sebab pada tahun depan Pertamina akan mengeluarkan Pertamax Green 92.

"Oleh karena itu 2024 mohon dukungannya juga kami akan mengeluarkan lagi yang kita sebut Pertamax Green 92, sebetulnya ini Pertalite kita campur dengan etanol, naik oktannya dari 90 ke 92," ujarnya.

Dengan demikian, Nicke menuturkan, pada tahun depan Pertamina hanya akan menjual tiga produk bensin saja yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo.

"Sehingga nantinya tahun depan akan hanya ada tiga produk pertama Pertamax Green 92 dengan mencampur RON 90 dengan 7 persen etanol kita sebut e7. Kedua Pertamax Green 95 mencampur Pertamax dengan 8 persen etanol, ketiga Pertamax Turbo," jelas Nicke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya