Jokowi Apresiasi Presiden Macron Ada Investor Prancis Dukung Proyek IKN

Presiden Jokowi bersama Presiden Prancis, Emmanuel Macron.
Sumber :
  • Biro Pers Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan apresiasinya kepada Presiden Republik Prancis, Emmanuel Macron, terkaitnya investasi negara tersebut di sektor-sektor strategis Indonesia termasuk proyek IKN Nusantara.

Ucapkan Selamat Hari Buruh, Jokowi: Setiap Pekerja Adalah Pahlawan

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Macron, yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India.

“(Terkait) investasi di sektor strategis, saya menghargai Dubes Prancis untuk Indonesia yang telah bawa calon investor Prancis ke IKN, dan menghasilkan 4 LoI (Letter of Intent) untuk dukung pembangunan IKN," kata Jokowi dikutip dari laman presidenri.go.id pada Minggu, 10 September 2023.

Momen Jokowi Gowes Sepeda Bambu di Mataram

Tentu, Jokowi berharap kesepakatan kedua negara bisa segera terwujud dalam waktu dekat. "Saya harap kesepakatan ini dapat segera direalisasikan," ujarnya.

Presiden Jokowi diapit Macron (kiri) dan Trudeau.

Photo :
  • Istimewa
May Day, Jokowi Gowes hingga Main Bola di Mataram NTB

Dalam hal transisi energi, Jokowi berharap agar Prancis dapat merealisasikan komitmen untuk proyek transisi energi, termasuk di dalamnya melalui skema Just Energy Transition Partnership (JETP).

Selain membahas investasi, Jokowi meminta dukungan kepada Prancis terkait proses keanggotaan Indonesia untuk menjadi bagian dari Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Presiden Jokowi mengungkapkan, hal tersebut merupakan langkah Indonesia untuk menjadi negara maju.

“Kami telah lakukan berbagai reformasi ekonomi, sejalan dengan persyaratan keanggotaan OECD," kata Jokowi.

Sejalan dengan hal itu, Jokowi pun telah meminta kepada Presiden Macron untuk dapat berbagi pengalaman, mengenai cara kerja hingga optimalisasi manfaat sebagai anggota OECD. “Untuk itu, mohon dukungan Prancis terhadap keanggotaan Indonesia, termasuk berbagi pengalaman terkait cara kerja dan optimalisasi manfaat keanggotaan di OECD," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya