TikTok Shop Bakal Kembali di Buka November 2023?

TikTok Shop
Sumber :
  • VIVA

VIVA – Media sosial dihebohkan dengan isu pembukaan kembali TikTok Shop pada 10 November 2023. Informasi soal pengaktifan TikTok Shop ini berasal dari sebuah artikel berjudul "Kapan TikTok Shop Dibuka Tanggal Detail Usai Diblokir Pemerintah?"

Sosok Sausan Sabrina, Wanita Keturunan Arab yang Dinikahi Virzha

Dalam keterangan tersebut, dikatakan bahwa tim teknis TikTok telah bekerja keras untuk memastikan bahwa platform tersebut mematuhi regulasi yang berlaku per 6 Oktober 2023.

Ilustrasi penjualan online.

Photo :
  • Pixabay
WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

Dengan begitu, TikTok Shop siap dibuka kembali selambat-lambatnya pada 10 November 2023.

"Kapan TikTok Shop Dibuka Tanggal Berapa Detail Usai Diblokir Pemerintah? Jawaban: TiktTok Shop akan resmi kembali dibuka setidaknya 1 bulan ke depan dengan proses perizinan yang saat ini sedang berjalan lancar.

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Setelah beberapa waktu mengalami pemblokiran oleh pemerintah, TikTok Shop akhirnya siap untuk dibuka kembali. Keputusan ini diumumkan setelah berbagai negosiasi antara pihak TikTok dan otoritas pemerintah terkait masalah keamanan dan kepatuhan," demikian kutipan isi narasi yang diedarkan artikel tersebut.

Lantas, benarkah TikTok Shop kembali aktif November mendatang?

Ilustrasi jualan online

Photo :
  • Pixabay

Dikutip dari Antara, Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim, mengatakan belum mendapatkan kabar soal rencana pembukaan kembali TikTok Shop pada November mendatang.

“Saya malah belum tahu,” kata Isy Karim.

Dirjen PDN mengaku tidak ingin berspekulasi soal kebenaran artikel tentang TikTok Shop tersebut. Namun, ia menerangkan per tanggal 10 Oktober 2023, pihak TikTok belum mengajukan izin kepengurusan menjadi loka pasar atau e-commerce yang beroperasi di Indonesia. 

“Belum (ada pengurusan izin e-commerce),” ujar Isy Karim.

Padahal, mengacu Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 terkait dengan Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, loka pasar baru boleh berjualan melalui siaran langsung, jika memiliki izin untuk berbisnis atau e-commerce.

Sosial commerce hanya berperan sebagai alat promosi dan transaksi dilarang.

Apabila platform video pendek tersebut tidak mematuhi regulasi pasar lokal di Indonesia, maka TikTok Shop sebenarnya tidak akan kembali beroperasi di negara ini.

Oleh karena itu, informasi pada artikel dengan judul "Kapan TikTok Shop Dibuka Tanggal Detail Usai Diblokir Pemerintah?" saat ini merupakan narasi yang menyesatkan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya