Surplus Neraca Dagang Obat Kuat IHSG, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 10 poin atau 0,15 persen di level 6.906, pada pembukaan perdagangan Selasa, 17 Oktober 2023.

IHSG Dibayangi Tekanan Kurs Rupiah dan Harga Komoditas

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memproyeksikan bahwa IHSG bakal bergerak mixed menguat terbatas pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed menguat terbatas," kata Ratih dalam riset hariannya, Selasa, 17 Oktober 2023.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Indonesia kembali meraih surplus neraca perdagangan sebesar US$3,43 miliar, pada periode September 2023. Performa tersebut lebih tinggi dari surplus bulan sebelumnya, yang sebesar US$3,12 miliar.

Ilustrasi IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

"Sekaligus menambah catatan surplus dalam 41 bulan beruntun," ujar Ratih.

Surplus neraca dagang periode September 2023 didorong oleh ekspor non-migas, dengan negara tujuan utama China, Amerika Serikat dan India. Jika diakumulasikan, surplus neraca dagang periode Januari-September 2023 mencapai US$27,75 miliar.

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Menurutnya, neraca dagang yang solid dapat memperkuat posisi neraca berjalan, sehingga menopang ketahanan nasional dari guncangan kondisi ekonomi global.

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.870-6.940.," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni MYOR, ADMR, TKIM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya