Jokowi Resmi Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian Gantikan SYL

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jakarta – Presiden Joko widodo resmi melantik Andi Amran Sulaiman menjadi menteri pertanian definitif. Arman menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri karena terjerat kasus korupsi di KPK.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

Pelantikan telah dilakukan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada pagi ini. Amran dilantik Jokowi berdasarkan Keppres Nomor 101/P Tahun 2023. Sumpah jabatan pun dilakukan.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan Saudara sebagai Menteri Pertanian. Saya akan bertanya kepada saudara, Bersediakah saudara untuk diambil sumpah ," ujar Jokowi meminta Amran di Istana Negara, Rabu, 25 Oktober 2023.

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

"Bersedia ," jawab Amran lalu mengikuti sumpah jabatan.

Mantan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

Seperti diketahui, Amran Sulaiman sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Mentan pada kabinet Jokowi periode pertama.

Andi Amran Sulaiman adalah seorang yang telah menjalani perjalanan karier yang mengesankan. Ia pernah bekerja di PTPN XIV sebelum menjadi seorang dosen di Universitas Hasanuddin (Unhas). Namun, setelah menggeluti dunia usaha selama 15 tahun, ia memutuskan untuk beralih ke dunia politik.

Amran mewakili profesionalisme dan daerah Timur. Ia lahir di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, pada tanggal 27 April 1968. Ia menikah dengan Martati dan dikaruniai empat orang anak, yakni Andi Amar Ma’ruf, Andi Athira, Andi Muh. Anugrah, dan Andi Humairah.

Amran Sulaiman bergabung dengan perusahaan pelat merah, PTPN XIV, pada tahun 1997. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Logistik di perusahaan tersebut, namun akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri. 

Presiden Jokowi.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya-tangkapan layar

Namun, keputusan untuk keluar dari PTPN XIV tidak membuat semangat dan kreativitas Amran surut. Ia terus mengembangkan inovasi-inovasi di bidang pertanian, seperti cara mengatasi hama tikus, pembuatan pestisida, dan penanggulangan hama-hama lainnya. Dia melakukan uji coba, presentasi, dan berhasil mendapatkan Hak Paten Alat Empos Tikus “Alpostran”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya