Diklaim Bakal Jadi Bandara Tersibuk Setelah Soetta, Kertajati Dilengkapi Alat Navigasi Canggih

Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Tangerang – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati direncanakan akan menjadi bandar udara tersibuk setelah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Manajemen Sriwijaya Air Buka Suara soal Pendirinya Jadi Tersangka Korupsi Timah

Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi AirNav Indonesia, Riza Fahmi mengatakan, masuknya proyeksi Bandara Kertajati menjadi bandar udara tersibuk, membuat pihaknya menyiapkan sejumlah alat canggih untuk menunjang navigasi penerbangan.

"Bandara Kertajati ini akan jadi kedua tersibuk setelah Bandara Soetta, makanya ada beberapa alat uang memang sudah sesuai standar, dan dilengkapi layanan navigasi prosedur keberangkatan atau take-off (SID) dan kedatangan atau landing (STAR) berbasis PBN/Satelit yang menunjang keselamatan dan keteraturan penerbangan dari dan menuju Bandara Kertajati," katanya, Minggu, 29 Oktober 2023.

5 Bandara Masih Ditutup Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Ini Daftarnya

Petugas beraktivitas di menara Pemandu Lalu Lintas Udara (ATC) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 19 Januari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

Direncanakan sebagai bandara tersibuk, Bandara Kertajati memiliki kapasitas take off landing sebanyak 150 penerbangan per hari, baik domestik dan internasional.

Bluebird Kenalkan Armada Taksi Listrik Baru di PEVS 2024

"Kapasitas itu bisa 150 penerbangan. Namun, peningkatan yang baik untuk hari ini direncakanan 24 penerbangan. Untuk operasional bandar udara juga ditambah dari yang sebelumnya hanya sampai 6 sore atau 18.00 WIB, namun saat ini sampai 9 malam atau 21.00 WIB," ujarnya. 

Berikut layanan navigasi penerbangan unit Tower dan Approach Control

- Meningkatkan kesiapan Peralatan Telekomunikasi Penerbangan antara Pilot dan Air Traffic Controller (ATC);

- Meningkatkan kesiapan Peralatan Navigasi Penerbangan antara lain Instrument Landing System (ILS) dan DVOR-DME

Bandara Kertajati

Photo :
  • Tribun Cirebon

- Menyiapkan prosedur Keberangkatan/Take-off (SID) dan Kedatangan/Landing (STAR) berbasis PBN/Satelit yang menunjang keselamatan dan keteraturan penerbangan dari dan menuju Bandara Kertajati. 

Diketahui, hari ini secara perdana, Bandara Kertajati resmi melayani penerbangan komersil dengan peningkatan frekuensi. Peresmian itu ditandai dengan adanya penerbangan keberangkatan Kertajati-Denpasar, dan kedatangan Denpasar-Kertajati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya