Bangun Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, RI Joint Study dengan China Railway

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diteruskan hingga Surabaya.
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Jakarta - Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mengungkapkan, proyek perpanjangan Kereta Cepat Jakarta ke Surabaya akan dikerjasamakan dengan pihak China Railway.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Dia bahkan mengaku telah berkunjung ke Negeri Tirai Bambu itu beberapa waktu lalu, guna menandatangani kesepakatan joint sudy antara Indonesia dengan China terkait penggarapan proyek tersebut.

"Baru mulai bikin studi. Kemarin kita dari China abis tanda tangan melakukan joint study dengan China Railway," kata Tiko saat ditemui di Kemenko Marves, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko

Photo :
  • VIVA/Yudha Prasetya

Namun, saat ditanya soal berapa perkiraan total nilai investasi yang bakal disepakati dalam proyek tersebut beserta besaran bunganya, Tiko mengaku bahwa hal tersebut belum dibahas.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

"Belum ada," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, sempat memastikan bahwa progres dari rencana pembangunan proyek kereta cepat hingga Surabaya itu terus mengalami kemajuan.

Bahkan, Luhut mengatakan bahwa China telah menawarkan bunga pinjaman yang jauh lebih murah, untuk proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tersebut.

"Pak Jokowi mau kereta cepat Jakarta-Surabaya diterusin. Tadi saya dengar perjanjian dengan China juga jalan, malah bunganya jauh lebih murah daripada bunga yang ditawarkan banyak negara lainnya," kata Luhut sebagaimana dikutip dari unggahan di Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, dikutip Selasa, 31 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya