Proyek Terminal Kalibaru Tahap 1B Dipastikan Rampung Tepat Waktu, Intip Progresnya

Presiden Komisaris PTPP (Persero) Tbk Andi Gani Nena Wea di proyek terminal Kalibaru
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Proyek pengerjaan Terminal Kalibaru Tahap 1B di Tanjung Priok, Jakarta Utara akan selesai tepat waktu. Hal itu diungkapkan Presiden Komisaris PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), Andi Gani Nena Wea usai melakukan kunjungan kerja ke Proyek Rancang Bangun Terminal Kalibaru Tahap 1B di Tanjung Priok, Jakarta.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

"Kami pastikan proyek-proyek PTPP termasuk proyek Rancang Bangun Terminal Kalibaru Tahap 1B akan bisa diselesaikan tepat waktu dan dengan kualitas mutu yang sudah ditentukan, serta menjamin keselamatan semua pekerja yang melaksanakan tugas di proyek," kata Andi Gani dalam keterangannya, Selasa, 21 November 2023.

Presiden Joko Widodo di Terminal Petikemas Kalibaru, Tanjung Priok

Photo :
  • Biro Pers Kepresidenan
Menteri PUPR: 61 Bendungan Bakal Rampung di Oktober 2024

Proyek ini, lanjut Andi Gani, sepenuhnya dikerjakan PTPP dengan nilai kontrak mencapai Rp 3,837 triliun dan ditargetkan selesai Agustus 2025. Ia mengatakan, saat ini proyek Rancang Bangun Terminal Kalibaru Tahap 1B memiliki progres pengerjaan sebesar 11,64 persen dan merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki sumber dana dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero). 

Proyek ini nantinya akan bermanfaat dalam pengembangan Pelabuhan Kalibaru seluas 100 hektar (ha) dan akan digunakan sebagai tempat penumpukan peti kemas dan produk terminal dengan total kapasitas 1,5 juta teus per tahun. 

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

Sementara itu, Direktur Operasional Bidang Infrastruktur PTPP Yul Ari Pramuraharjo mengatakan, pihaknya saat ini memiliki proyek serupa yaitu, East Port Lamongan, Proyek Pelabuhan Patimban Paket 6, dan Jetty Smelter Megah Murni Perkasa (MMP). 

Sebelumnya, PTPP juga mempunyai proyek serupa dan telah rampung dikerjakan di antaranya Makassar New Port (MNP), Dermaga Berlian di Tanjung Perak, serta Dermaga Gilimas. 

"Dengan adanya proyek serupa ini diharapkan tim proyek dapat mengambil pengalaman dan dapat diimplementasikan. dengan baik sehingga Proyek Rancang Bangun Terminal Kalibaru Tahap 1B dapat diselesaikan tepat waktu, tepat mutu, dan zero accident," kata Yul Ari.

Dalam kunjungan kerjanya, Andi Gani didampingi Istiono selaku Komisaris Independen PTPP, Yul Ari Pramuraharjo selaku Direktur Operasi Bidang Infrastruktur PTPP, dan Pande Ketut Gede Karmawan selaku Senior Vice President Divisi Infrastrastruktur 2 beserta jajaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya