Ibu-ibu Harus Kembangkan UMKM dengan Manfaatkan Program PNM, Kata Misbakhun

Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun
Sumber :
  • Istimewa

Jawa Timur – Politisi Partai Golkar yang juga anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun, memberi semangat ke emak-emak konstituennya di Pasuruan dan Probolinggo Jawa Timur, untuk memanfaatkan PT Permodalan Nasional Madani atau PNM. Terutama untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM mereka dalam menopang keluarga.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Misbakhun mendorong agar masyarakat menggunakan PNM yang memiliki program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Misbakhun menyampaikan hal itu saat menghadiri pembukaan ‘Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar Nasabah PNM Mekaar’ di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, Jumat kemarin. 

Dengan mengusung slogan ‘Mekaar Datang Modal Gampang’, PT PNM menyediakan layanan khusus bagi perempuan prasejahtera pelaku UMKM yang ingin memulai maupun mengembangkan usaha.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

“PNM yang berfokus pada pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan ini memberikan kesempatan kepada ibu-ibu selaku manajer keuangan rumah tangga untuk menjalankan UMKM,” ujar Misbakhun, dalam keterangannya, Sabtu 25 November 2023.

Pembukaan PKU Akbar Nasabah PNM Mekaar, juga dihadiri Wali Kota Pasuruan  H. Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan  H. Adi Wibowo, Executive Vice President Bisnis I PT PNM Sasono Hantarto, Kabag Pengawasan Industri Keuangan Nonbank, Pasar Modal, dan Edukasi Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Malang Nilam Yunida, dan  Kepala PNM Probolinggo Muda Peristia.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

“Kehadiran PNM ini merupakan sebuah cita-cita dan harapan yang memberikan pemberdayaan kepada masyarakat kecil sehingga dapat tertolong ekonominya dan terangkat derajatnya,” jelas legislator Daerah Pemilihan II Jatim (Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo) itu.

Lebih lanjut Misbakhun mengatakan pemberdayaan yang diarahkan pada peningkatan kesejahteraan para ibu pelaku UMKM mampu menciptakan multiplier effect atau efek berganda bagi pembangunan sosial dan lingkungan. Maka Misbakhun berharap, ibu-ibu tersebut naik kelas setelah menjadi nasabah dan menggunakan KUR.

“Artinya, usaha para ibu-ibu sekalian nasabah PNM telah berkembang dan berdampak positif bagi perekonomian keluarga dan masyarakat,” imbuh Misbakhun.

Di hadapan ratusan nasabah PNM Region Kota Probolinggo tersebut Misbakhun mengatakan  usaha yang konsisten dibarengi kejujuran, disiplin, dan kerja keras akan membuahkan hasil. Mantan PNS Direktorat Jenderal Pajak tersebut menyebut, kalau sudah banyak nasabah PNM yang sudah naik kelas. 

“Selain menolong ekonomi keluarga, para ibu-ibu nasabah juga dapat menaikkan pinjamannya menjadi KUR hingga bisa memiliki usaha yang lebih besar lagi,“ kata Misbakun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya