Puan Maharani Temui Luhut di Singapura, Bahas Banyak Isu Termasuk Pemilu 2024

(Ilustrasi) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.
Sumber :
  • Instagram @puanmaharani

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menerima kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani, di Singapura. Pada pertemuan itu keduanya membahas beberapa isu. 

PKB dan PPP Tegaskan Bersinergi di Pilkada Serentak 2024, Intip Kesepakatannya

Luhut mengatakan, dia dan Puan pada pertemuan itu menggali berbagai isu nasional, mulai dari kondisi perekonomian, situasi geopolitik global, hingga Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

“Saya senang sekali menerima kunjungan Mbak Puan di tempat pemulihan saya hari ini. Kami membahas berbagai macam topik kebangsaan dan kami sepakat bahwa kepentingan rakyat kecil haruslah selalu menjadi yang utama, dan itu semua hanya bisa tercapai lewat persatuan seluruh anak bangsa,” kata Luhut dalam keterangannya Selasa, 28 November 2023. 

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut dan Puan banyak membahas tentang peluang ekonomi baru untuk Indonesia. Khususnya dalam aspek penangkapan dan penyimpanan emisi karbon menggunakan teknologi Carbon Capture and Storage (CCS). 

Menurutnya, pengembangan CCS di Indonesia pun memiliki potensi yang sangat besar. Hal itu didukung oleh wilayah-wilayah Indonesia yang memiliki sumber daya yang diperlukan dalam penyimpanan CO2, begitu juga dengan industri yang berdekatan untuk transportasi karbon internasional.

Gerindra: PDIP di Luar atau Dalam Pemerintahan Sama-sama Baik

"Potensi penyimpanan di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai 400 Giga Ton yang memberikan peluang bisnis dan investasi yang signifikan di negara ini. Mbak Puan paham betul dengan potensi besar tersebut, dan beliau sangat mendukung program ini, karena inilah landasan masa depan Indonesia," jelasnya. 

Luhut juga menitipkan kepada Puan, untuk mendukung program pelatihan Metode Gasing (gampang, asyik, dan menyenangkan), suatu inovasi pembelajaran matematika yang diciptakan dan dikembangkan oleh Profesor Yohanes Surya. 

Pasalnya, metode ini memungkinkan siswa memahami operasi matematika seperti penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian dalam waktu hanya 2 minggu, telah sukses diimplementasikan di 55 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Salah satu kunci penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan mengalokasikan investasi yang lebih besar dalam bidang pendidikan. Dan saya meminta betul kepada Mbak Puan untuk mendukung program yang juga menjadi perhatian Presiden Jokowi ini,” ungkapnya.

Seiring dengan dimulainya perhelatan kampanye capres-cawapres di Pemilu 2024 , Luhut dan Puan juga sepakat bahwa persatuan dan perdamaian haruslah menjadi prioritas utama. 

Menurut Luhut, semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama untuk memastikan bahwa kampanye berlangsung dalam kerangka saling menghormati dan menjunjung tinggi kepentingan bangsa.

“Saya dan Mbak Puan sepakat bahwa pemilu ini haruslah berjalan dengan menyenangkan, dan meskipun kita semua memiliki pilihan yang berbeda-beda, tapi persatuan dan perdamaian haruslah selalu dijaga. Dan yang paling penting, kepentingan masyarakat haruslah menjadi yang utama,” pungkasnya.

Menjawab itu, Puan menambahkan, “Yang paling utama adalah Pak Luhut sehat dan pulih seperti semula. Saya dan banyak masyarakat Indonesia mendoakan kesembuhan Pak Luhut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya