Medco Energi Raih Persetujuan Kesultanan Oman untuk Akuisisi Dua Blok Migas

Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

Jakarta –  PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) telah mendapatkan persetujuan dari Kesultanan Oman untuk mengakuisisi 20 persen kepemilikan pada dua blok migas di negara tersebut. Transaksi ini diharapkan selesai pada Desember 2023.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Medco Energi akan mengakuisisi dari OQ Exploration & Production LLC (OQEP), 20 persen kepemilikan atas lisensi produksi Blok 60 dan 20 persen kepemilikan atas lisensi eksplorasi Blok 48 yang keduanya berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat tengah Oman. 

Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro mengatakan, akuisisi ini sejalan dengan strategi Medco Energi untuk memiliki dan mengembangkan aset-aset berkualitas tinggi yang menghasilkan kas dengan potensi pertumbuhan yang besar. 

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

"Setelah selesai, akuisisi ini akan meningkatkan produksi harian MedcoEnergi sebesar 13 MBOEPD dan berkontribusi signifikan terhadap cadangan gas dan minyak di masa depan,” ujar Hilmi dikutip dalam keterangan resmi, Rabu, 29 November 2023.

Pekerja blok migas.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
18 Killed in Oman Over Heavy Rains and Flash Floods Lash UAE

Seperti diketahui, Blok 60 memiliki dua lapangan produksi yaitu Lapangan Minyak Bisat dan Lapangan gas Abu Butabul.

OQEP adalah perusahaan energi terintegrasi global yang terpusat di Oman. OQEP saat ini mengoperasikan tiga blok di Oman (8, 48 dan 60) dan berpartisipasi pada sejumlah joint ventures aset eksplorasi dan produksi di Oman dan Kazakhstan. Dengan masuknya Medco, OQEP akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya