Anindya Bakrie Ungkap Progres Bus Listrik VKTR yang Semakin Diminati Konsumen

Bus listrik VKTR.
Sumber :
  • Dokumentasi VKTR.

Jakarta – Direktur Utama dan Chief Executive Officer (CEO) PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Anindya N. Bakrie menyampaikan progres perkembangan terkini dari PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR). VKTR diketahui merupakan unit usaha BNBR, yang berkecimpung dalam industri ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Terpopuler: BYD Minta Maaf ke Konsumen, Mengecas Mobil Listrik Cuma 10 Menit

Dia menjelaskan, melalui perusahaan patungan bernama PT VKTR Sakti Industries (VKTS), yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, VKTR telah mulai memproduksi sejumlah unit bus listrik secara Completely Knock-Down (CKD).

Bahkan, Anindya mengungkapkan bahwa bus listrik merek BYD tipe D9 high floor garapan VKTR itu, sudah berhasil memikat konsumennya sendiri dari ranah lokal.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

"Sejumlah bus listrik merek BYD tipe D9 high floor, yang kini tengah diproduksi ini nantinya akan digunakan oleh salah satu perusahaan kertas di Indonesia sebagai moda transportasi antar-jemput karyawan," kata Anindya dalam Paparan Publik Tahunan BNBR 2023, di Bakrie Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Desember 2023.

Paparan publik tahunan PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR)

Paparan publik tahunan PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR)

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Dia pun kembali menegaskan, sebagai unit usaha BNBR yang berkecimpung di industri ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, saat ini VKTR telah berhasil mengoperasikan 52 unit bus listrik yang telah menempuh jarak sejauh 3,6 juta kilometer.

Dengan jumlah total penumpang yang terangkut sebanyak 10 juta penumpang dalam rentang waktu 20 bulan, VKTR pun ditegaskannya telah berhasil mengurangi sebanyak 4.800 ton CO2 di udara. 

Terlebih, lanjut Anindya, capaian sejumlah kinerja positif juga terus diraih VKTR usai mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan menggeber ekspansi fasilitas pabrik perakitan bus dan truk listrik di Magelang, Jawa Tengah.

Dimana, saat ini VKTR bahkan juga tengah menjajaki kerja sama strategis, dengan sejumlah perusahaan otomotif besar dunia untuk memproduksi electric vehicle (EV) Mining Truck serta EV truck.

EV Mining Truck hasil kolaborasi strategis antara VKTR dan Yutong di Pameran Indonesia Mining Exhibition di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Dengan potensi makin meluasnya kapasitas serta jangkauan bisnis yang bisa diakomodir oleh VKTR itu, Anindya menegaskan bahwa saat ini BNBR juga tengah berupaya menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak. Kerja sama itu sebagai upaya untuk memasarkan produk bus dan truk listrik garapan mereka, ke sejumlah kota-kota besar di Tanah Air.

"VKTR juga sedang melakukan proses kerja sama dengan sejumlah dealer lokal, untuk menyediakan fasilitas penjualan produk-produknya yang akan tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya