BTN Gandeng Mandiri Capital Gelontorkan Pembiayaan ke Startup Properti

Kerja Sama Pembentukan BTN Fund.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, membentuk program pendanaan BTN Fund dengan menggandeng PT Mandiri Capital Indonesia (MCI).

Bank Mandiri Selektif Cairkan Paylater, Ini Pertimbangannya

Direktur Risk Management Bank BTN, Setiyo Wibowo menjelaskan, melalui BTN Fund itu, Perseroan dapat berinvestasi pada perusahaan rintisan (startup) bidang properti dan industri terkait lainnya, demi mendongkrak sektor perumahan di Tanah Air.

"Kolaborasi tersebut akan melengkapi ekosistem perumahan berbasis digital yang dimiliki perseroan," kata Setiyo dalam keterangannya, Rabu, 6 Desember 2023.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Dia menambahkan, kemitraan tersebut juga menjadi upaya peningkatan kapabilitas BTN dalam sektor perumahan. Khususnya di tengah momentum stimulus pajak 0 persen, yang disediakan pemerintah untuk rumah di bawah Rp 2 miliar.

BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.
Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

"Kolaborasi ini juga menjadi sarana kami untuk membantu usaha rintisan potensial, terutama di sektor properti, untuk bertumbuh bersama Bank BTN," ujar Setiyo.

Dia berharap, pembentukan BTN Fund dapat menciptakan demand, memperluas pangsa pasar, dan membuka segmen baru bagi BTN dalam penyediaan solusi end-to-end di sektor perumahan.

Melalui kemitraan ini, lanjut Setiyo, Bank BTN akan bekerja sama dengan MCI dalam hal pengelolaan dana BTN Fund. Selain memberikan pendanaan untuk startup di sektor properti, nantinya BTN Fund juga dirancang untuk berinvestasi pada usaha rintisan lain yang sejalan dengan bisnis Bank BTN.

Di antaranya seperti proptech, mortgage tech, fintech, embedded finance, construction tech, open finance, SaaS, dan sektor strategis lainnya," ujarnya.

Peserta akad massal KPR Subsidi BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Investasi MCI, Dennis Pratistha, menargetkan untuk menggelontorkan pendanaan, bagi para perusahaan rintisan (startup) yang potensial.

"Kerja sama ini juga menandai bentuk komitmen MCI untuk mendukung kolaborasi BUMN dengan para startup terpilih yang dapat mendukung bisnis BTN," ujar Dennis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya