Rupiah Menguat ke Rp 15.498 per Dolar AS Pagi Ini

Uang kertas rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 20 Desember 2023. Rupiah menguat sebesar 8 poin atau 0,05 persen ke posisi Rp 15.498 per dolar AS. 

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.506 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah akan menguat pada hari ini terhadap dolar AS. Melalui laporannya, Ibrahim berharap Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa berlangsung dalam satu putaran dan akan membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia. 

Dari Mimbar Masjid, Anies-Cak Imin Ucapkan Terima Kasih ke Warga Aceh

"Tren pertumbuhan ekonomi di 5 persen bisa makin tinggi jika uang beredar makin besar. Terobosan kebijakan finansial di pemerintahan yang baru ini jadi hal yang sangat penting," jelasnya.

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Efek Kemenangan Prabowo di Pilpres Bisa jadi Kekuatan Sudaryono Menangi Pilgub Jateng 2024

Selain mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, jelas dia, Pilpres yang berlangsung satu putaran juga dapat mempercepat program-program pemerintah yang sedang berjalan.

Selain itu terang Ibrahim, Pilpres 2024 satu putaran bisa menghemat biaya/anggaran hingga Rp 17 triliun. Uang tersebut nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih mendesak, termasuk pemberian subsidi berupa Bantuan Sosial ( Bansos), BBM Bersubsidi, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan lainnya kepada rakyat yang membutuhkan.

"Mata uang rupiah fluktuatif. Namun, ditutup menguat di rentang Rp 15.490-Rp 15.540," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya