Dishub Sumut Proyeksikan Pengguna Angkutan Penyeberangan Paling Diminati pada Nataru 2023/2024

Kadishub Sumut, Agustinus.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra.

Medan – Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara selama angkutan Natal 2023 dan Tahun 2024 (Nataru) memperkirakan, transportasi, darat, laut dan udara akan mengalami peningkatan, dibandingkan Nataru sebelumnya.

Kabar Gembira untuk Konsumen BBM Pertalite yang Dijual Rp10 Ribu per Liter

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut, Agustinus saat dikonfirmasi VIVA, Selasa 19 Desember 2023. Ia mengatakan bahwa seluruh operator angkutan umum, sudah mempersiapkan kapasitas sesuai kebutuhan. Kemudian, diprediksi alami kenaikan penumpang di masing-masing moda.

"Untuk peningkatan demand penumpang tahun 2023, di masing-masing moda diprediksi sebagai berikut, untuk angkutan jalan 5-10%, angkutan KA 7-15%, angkutan penyeberangan 50%, angkutan laut 45%, dan angkutan udara sebesar 12%," jelas Agustinus.

Urai Kepadatan Lalu Lintas di Tol Jagorawi, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Arah Jakarta

Agustinus mengungkapkan merujuk survey Kemenhub, Sumut berada di posisi ke-5 pergerakan asal daerah pelaku perjalanan terbanyak tingkat nasional, total perjalanan mudik secara nasional 39,83%, atau sebanyak 107,63 juta orang. 

"Dari total tersebut 6,93% atau 7,4 juta orang asal pergerakan dari Sumut dan 8,5% atau 9,1 juta tujuan pergerakan ke Sumatera Utara," kata Agustinus.

Hyundai Gowa Sediakan Fasilitas Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Sejumlah orang penumpang kapal Kelud yang ditengarai sebagai pemudik tiba di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin, 3 Mei 2021.

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Agustinus mengungkapkan berdasarkan data dan analisis pihaknya, prediksi puncak arus mudik dan arus balik Nataru ini, yakni puncak mudik I pada tanggal 21 hingga 23 Desember 2023. Kemudian, puncak balik I pada tanggal 26 hingga 27 Desember 2023.

"Selanjutnya, puncak mudik II pada tanggal 31 Desember 2023 dan puncak balik II pada tanggal 1 hingga 2 Januari 2024," kata Agustinus.

Agustinus mengungkapkan untuk langkah antisipasi yang dilakukan pada sektor transportasi pada masa angkutan Nataru 2023/2024, yaitu melakukan koordinasi secara Intensif dengan stakeholder terkait, seperti Direktorat Lalulintas Polda Sumut, dan jajaran Satlantas kewilayahan, instansi vertikal, BUMN/BUMD transportasi maupun Pemkab/Pemko.

Satgas Nataru PT Pertamina Patra Niaga telah siaga di jalur strategis dan wisata

Photo :
  • Pertamina

"Memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi mudik, bersinergi dengan unsur regulator dan operator transportasi terkait," ucap Agustinus.

Agustinus juga menghimbau agar pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, untuk selalu menaati peraturan lalu lintas dan memastikan kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima. 

"Untuk pengguna kendaraan umum agar lebih bijak dalam memilih sarana angkutan umum untuk mudik, dan mengatur jadwal perjalanan dengan menghindari puncak arus mudik atau balik," kata Agustinus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya