Bicara Nasib BUMN Karya, Wamen BUMN: Waskita Jadi Anak Usaha HK

Pekerja bangunan konstruksi (ilustrasi BUMN konstruksi/karya).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Jakarta – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, membeberkan rencana penyelamatan BUMN Karya yang bermasalah. Ringkasnya, PT Hutama Karya (Persero) akan menjadi induk dari PT Waskita Karya (Persero). 

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Tiko begitu panggilan akrabnya, mengatakan, BUMN karya tidak masuk dalam kriteria BUMN yang dibubarkan. Sebab, pembubaran dilakukan dengan mempertimbangkan tiga parameter. 

"BUMN karya secara fungsi masih baik, karena fungsinya kehilangan konteks pembangunan infrastruktur publik kan sangat besar. Jadi parameternya itu sudah pasti enggak masuk, parameternya masih diharapkan berfungsi secara optimal," ujar Tiko dalam konferensi pers, Jumat, 29 Desember 2023.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo.

Photo :
  • Dok. BUMN

Adapun tiga paremeter itu yakni pertama mengenai kesehatan keuangan, kedua kontribusi terhadap perekonomian. Lalu ketiga, apakah perusahaan bisa memiliki suatu model bisnis yang sustainable ke depannya. 

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Sehingga dengan itu, terang Tiko, PT Waskita Karya (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk disehatkan melalui restrukturisasi. Sedangkan dalam jangka menengah direncanakan akan dilakukan konsolidasi dengan Kementerian PUPR. 

"Konsolidasinya adalah Waskita akan menjadi anaknya HK (PT Hutama Karya).Jadi begitu restrukturisasi selesai maka Waskita akan menjadi anak HK," terangnya. 

Sementara, untuk BUMN karya lain, jelas Tiko, masih dalam tahap diskusi. "Lainnya nanti masih dalam proses diskusi apakah integrasi yang lain antara WIKA, PP, Brantas, Adhi akan berlanjut," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya