1.313 Km Jalur Pansela Jawa Rampung, Bisa Jadi Jalur Mudik yang Menyejukkan Mata

Kondisi Jalur Pansela di Wonogiri, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Kurnen Permana Putra

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan progres pembangunan jalur pantai selatan (Pansela) Jawa. Dari total panjang keseluruhan 1.543 km, sepanjang 1.313 km sudah terbangun. 

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Jalur tersebut tampak melewati berbagai pemandangan yang indah yang memanjakan mata, mulai dari tebing hingga pantai. 

Ada sekitar 8 objek wisata pantai dilewati jalur Pansela antara lain adalah Pantai Congot, Pantai Pandasimo, Pantai Glagah, dan Pantai Parangtritis. Selain itu juga ada Pantai Soge, Pantai Laguna Glagah, Pantai Kwaru, dan Pantai Bantul. 

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

"Jalur Pantai Selatan (Pansela) merupakan jaringan jalan yang melintasi pesisir selatan Pulau Jawa. Jalur ini menyuguhkan beragam pemandangan alam yang menyejukkan mata dan melintas berbagai objek pariwisata," demikian dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Rabu, 17 Januari 2024. 

Pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Photo :
  • ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Jika dirinci, progres pembangunan Pansela di Banten dari Sp Labuhan ke Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 170 km sudah rampung. Kemudian di Jawa Barat dari Batas Provinsi Banten ke Sindang Barang sudah rampung seluruhnya sepanjang 416 km. 

Lalu, di Jawa Tengah dari Batas Provinsi Jawa Tengah- Congot-Duwet-Glonggong rampung sepanjang 216 km. Kemudian di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dari Karang Nongko-Legundi-Duwet rampung sepanjang 112 km dari total 118 km. Sedangkan di Jawa Timur dari Panggul-Sendangbiru-Jarit-Puger-Glenmore baru rampung sepanjang 396 km dari total 623 km. 

Secara total, pembangunan jalur pansela telah rampung sepanjang 1.313 km dari total 1.543. Artinya, ada 230 km lagi yang belum rampung, 224 km di Jawa Timur dan 6 km di Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya