Kembangkan Hunian Tapak TOD, Perumnas Gandeng KAI Bangun Stasiun KRL Baru di Parung Panjang

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Perum Perumnas tengah mengembangkan kawasan hunian tapak berkonsep Transit Oriented Development (TOD) berskala besar, yakni proyek Samesta Parayasa di wilayah Parung Panjang, Bogor.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Guna mendukung mobilitas para penghuni maupun masyarakat sekitar, Perumnas pun menggandeng PT KAI mencanangkan pembangunan stasiun baru, yang terintegrasi langsung dengan kawasan hunian tapak Samesta Parayasa tersebut.

Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro menjelaskan, Stasiun KRL baru yang diberi nama Stasiun Lumpang Parayasa itu, berada di antara relasi Stasiun Parung Panjang dan Stasiun Cilejit.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Rumah cluster terjangkau dan subsidi yang ditawarkan Perumnas.

Photo :
  • Dok. Perumnas

"Nantinya stasiun itu akan memberikan opsi dalam mobilitas yang baru bagi masyarakat sekitar kawasan Parung Panjang," kata Budi dalam keterangannya, Rabu, 17 Januari 2024.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Secara keseluruhan, Perumnas telah melakukan pengembangan kawasan perumahan di Parung Panjang Bogor, dengan total seluas 600 Hektare (Ha).

Guna meningkatkan nilai tambah sekaligus aksesibilitas pada kawasan perumahan Parung Panjang, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama Perumnas dan PT KAI, juga telah menandatangani pernyataan bersama dalam membangun dan mengembangkan Stasiun Lumpang Parayasa.

Perumnas bangun rumah untuk segmen milenial.

Photo :
  • Dok. Perumnas

"Bersama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, PT KAI dan Perum Perumnas bersinergi untuk membangun dan mengembangkan Stasiun Lumpang Parayasa guna meningkatkan akses dari dan menuju Samesta Parayasa dan sekitarnya," ujar Budi.

Dia menambahkan, dengan adanya Stasiun Lumpang Parayasa yang mendukung implementasi hunian berkonsep TOD pada Samesta Parayasa, secara tidak langsung dapat berkontribusi menanggulangi masalah kemacetan dan polusi udara serta mengurangi tingkat stress di perjalanan.

“Dengan adanya Stasiun Lumpang Parayasa yang nantinya terkoneksi dengan Samesta Parayasa, kami harap dapat meningkatkan mobilitas dan produktivitas masyarakat dengan mempersingkat waktu tempuh dari dan menuju Jakarta," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya