ITB Tawarkan Bayar Kuliah Pakai Pinjol, OJK Buka Suara

Kampus ITB
Sumber :
  • Instagram @institutteknologibandung

Jakarta – Heboh di media sosial soal Institut Teknologi Bandung (ITB), yang menawarkan mahasiswanya mencicil biaya kuliah melalui pinjaman online (pinjol). Untuk menerapkan cara pembayaran itu, ITB disebut bekerja sama dengan perusahaan pinjol Danacita.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Merespons hal ini, Deputi Komisioner Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil Danacita

"OJK akan memanggil Danacita untuk membuat terang berita yang ramai di media sosial," ujar Sarjito saat dihubungi VIVA Jumat, 26 Januari 2024.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito.

Photo :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

Sarjito mengatakan, OJK dalam hal ini juga tidak akan masuk ke dalam wilayah kebijakan ITB jika kabar tawaran pembayaran uang kuliah melalui pinjol itu benar. "OJK tentu tidak akan masuk dalam wilayah kebijakan ITB jika berita itu benar," ujarnya.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

Kendati demikian, OJK mengingatkan kepada mahasiswa untuk mengetahui hak dan kewajiban sebagai konsumen. Termasuk risiko bila meminjam melalui pinjol.

"Masyarakat termasuk mahasiswa wajib mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Termasuk tentu risiko atas pinjamannya tersebut dan kemampuan untuk membayarnya," ucapnya.

"Jangan sampai kesulitan membayar kuliah ke universitas beralih menjadi beban mahasiswa lanjutan kepada pihak lain yang dapat saja punya dampak lebih luas," sambungnya.

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Melansir, media sosial X alias Twitter, akun @itbfess membagikan postingan foto berupa selebaran brosur berupa, program cicilan kuliah bulanan di ITB. Pada selebaran tertulis bahwa Danacita merupakan mitra resmi ITB.

Juga tertulis bahwa tersedia opsi cicilan 6 atau 12 bulan. Pada brosur itu juga tertulis bahwa proses pengajuan pinjaman tanpa DP dan jaminan.

"Anjaaaay, disuruh pinjol sama itb! Kami segenap civitas akademik ITB mengucapkan 'SELAMAT MEMBAYAR CICILAN BESERTA BUNGANYA'," tulis akun itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya