Genap 74 Tahun, BTN Sudah Biayai 4,05 Juta MBR Buat Punya Rumah

BTN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) TBK atau BTN mengungkapkan, di usianya yang ke-74 tahun, perseroan telah memberikan pembiayaan perumahan bagi 4,05 juta Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pembiayaan ini diberikan melalui fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, BTN merupakan bank yang paling banyak menyalurkan pembiayaan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

"Dari total 5,2 juta unit rumah yang telah dibiayai BTN selama 74 tahun, sekitar 4,05 juta dinikmati oleh MBR melalui fasilitas KPR Subsidi. Kami telah membuktikan posisi kami sebagai bank yang paling banyak menyalurkan pembiayaan untuk masyarakat berpenghasilan rendah," ujar Nixon dalam keterangannya Jumat, 9 Februari 2024.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Dirut BTN Nixon LP Napitupulu.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Nixon menuturkan, dalam perjalanannya Bank BTN terus melakukan elaborasi bisnis pembiayaan yang sebelumnya hanya fokus pada pembiayaan rumah pertama, kini sudah melangkah menerapkan strategi Beyond KPR pada dua tahun terakhir.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

"Dengan strategi bisnis Beyond KPR, BTN menangkap potensi pembiayaan, melalui cross selling kepada nasabah captive, seperti Kredit Ringan Tanpa Agunan (KRING), Kredit Agunan Rumah (KAR), dan Kredit Usaha Rakyat (KUR)," jelasnya.

Lebih lanjut Nixon mengungkapkan, selain beyond KPR, BTN dalam beberapa tahun terakhir telah berhasil mengimplementasikan transformasi-transformasi yang membawa kinerja perusahaan semakin baik.

Adapun beberapa transformasi yang telah berhasil diwujudkan yakni pada tahun 2021, perseroan telah berhasil melakukan transformasi untuk pertumbuhan berkelanjutan.

Dirut BTN Nixon LP Napitupulu.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

“Dalam transformasi ini, kami berusaha mengoptimalkan kontribusi pada program KPR subsidi dan meningkatkan KPR non subsidi melalui kerja sama developer agen properti, mengembangkan skema KPR yang menyasar generasi milenial,” terangnya.

Transformasi selanjutnya, pada tahun 2022, BTN melakukan transformasi perluasan bisnis berbasis ekosistem perumahan. Dalam transformasi ini, perseroan meningkatkan kredit high yield beyond mortgage melalui cross selling kepada nasabah captive.

Kemudian pada tahun 2023 lalu, transformasi yang dilakukan perseroan yakni mengembangkan bisnis yang selaras dengan era disrupsi digital untuk menguasai ekosistem perumahan.

Dia mengatakan untuk tahun ini, BTN akan fokus pada transformasi untuk memperluas area bisnis dan menyediakan solusi keuangan terintegrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya