Wamen Tiko Luncurkan Global Logistic Indonesia, Integrasikan Layanan 6 BUMN

Pelepasan 'Muatan Sinergi Pasar' pengiriman produk Perhutani untuk ekspor non-kayu menuju Top Exporting Destination, hasil kolaborasi Perum Perhutani, PosIND, Pelindo, KAI, DAMRI, dan SIER.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko, menagih komitmen dari para perusahaan pelat merah, untuk mendukung pelaksanaan implementasi peningkatan sinergi dan integrasi logistik pada ekosistem BUMN.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Hal itu antara lain melalui kolaborasi BUMN seperti yang dilakukan Perum Perhutani, PosIND, Pelindo, KAI, DAMRI, dan SIER, yang menggelar seremoni pelepasan Muatan Sinergi Pasar pengiriman produk Perhutani untuk ekspor non-kayu, menuju Top Exporting Destination.

Tiko menjelaskan, acara ini merupakan rangkaian event yang dilaksanakan secara hybrid, bersama dengan Kick Off program kerja Project Management Office (PMO) dan Launching Agregator Logistik BUMN Global Logistic Indonesia (GLID).

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

"GLID merupakan agregator layanan logistik yang mengintegrasikan 9 Logistic Service Provider (LSP) BUMN di Indonesia," kata Tiko dalam keterangannya, Rabu, 21 Februari 2024.

GLID merupakan inisiatif bersama dari LSP BUMN, untuk menurunkan biaya logistik, memaksimalkan potensi bisnis, dan pada akhirnya mampu menekan biaya logistik nasional. Tiko menegaskan, perlu adanya kontinuitas implementasi percepatan peningkatan sinergi dan integrasi logistik, guna mendukung integrasi 9 LSP BUMN di Indonesia tersebut.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

"Karenanya, Kementerian BUMN pun kembali membentuk tim untuk percepatan, dengan masa kerja satu tahun agar sinergi logistik BUMN segera terwujud," ujarnya.

Wakil Menteri BUMN RI, Kartika Wirjoatmodjo

Photo :
  • BRI

Senada, Direktur Utama Perum Perhutani, Wahyu Kuncoro menegaskan, Perhutani sangat membuka diri untuk berkolaborasi dengan pihak mana pun, sesuai dengan Visi Perhutani guna 'Menjadi Perusahaan Pengelola Hutan Berkelanjutan dan Bermanfaat bagi Masyarakat dan Lingkungan'.

"Sebagai bagian dari ceremony hari ini, Perhutani mengekspor produk Gondorukem mutu WW sebanyak 2 Full Container Load (FCL), atau kurang lebih 38,4 ton," kata Wahyu.

Gedung Kementerian BUMN. Foto ilustrasi.

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Produk Gondorukem yang diekspor tersebut diketahui berasal dari Gudang gondorukem Perhutani KBM Industri Bukan Kayu Jawa Timur, dan Divisi Komersial Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di Surabaya melalui Pelabuhan Tanjung Perak menuju Karachi Port, Pakistan.

"Semoga sinergi dan integrasi logistik ekosistem BUMN terus berjalan lancar dan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan serta meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya