Layani Permintaan Mudik Gratis Bus, Damri Gandeng PO Bus Swasta

Bus listrik Damri (foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Perum Damri menggandeng perusahaan otobus (PO) swasta, guna melayani masyarakat dalam program mudik gratis Lebaran 2024 menggunakan armada bus.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Corporate Secretary Damri, Chrystian RM Pohan mengatakan, pada 3 April 2024 Damri bakal memberangkatkan rombongan mudik gratis PT Pertamina (Persero).

Kemudian di tanggal 5 April 2024, Chrystian memastikan bahwa Damri akan kembali memberangkatkan rombongan mudik gratis bersama Kementerian BUMN.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

"Damri akan melayani pemberangkatan rombongan mudik gratis bersama Pertamina dengan 100 armada, pada tanggal 3 (April 2024) di GBK," kata Pohan dalam keterangannya, Selasa, 26 Maret 2024.

Program mudik gratis BUMN tahun 2022. (foto ilustrasi)

Photo :
Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

"Kemudian tanggal 5 (April 2024) di Monas, ada 150 armada mudik gratis bersama Kementerian BUMN, itu kita yang mengelola," ujarnya.

Terkait ketersediaan armada, Pohan mengakui bahwa mayoritas berasal dari PO swasta dengan Damri sebagai operatornya. Sementara armada bus yang berasal dari Damri sendiri hanya sekitar 30-40 bus.

"Bus yang kita gunakan itu tuh bus reguler, bukan bus pariwisata. Makanya kita ada kerja sama dengan pihak swasta juga," kata Pohan.

Dia menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah armada bus cadangan, sebagai antisipasi adanya potensi lonjakan permintaan untuk program mudik gratis tahun 2024 ini.

"Sebagai upaya antisipasi lonjakan penumpang, kita sudah siapkan armada cadangan di beberapa titik. Kita ada di Jakarta, Semarang, Yogya, Surabaya, Malang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya