Whoosh Tambah 12 Perjalanan untuk Mudik 2024, Tiket Termurah Rp 250 Ribu

Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah 12 perjalanan Kereta Cepat Whoosh di musim mudik Lebaran 2024. Dari sebelumnya sebanyak 40 perjalanan per hari di bulan Februari, menjadi 52 perjalanan per hari guna melayani masyarakat di masa mudik Lebaran kali ini.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya telah menetapkan masa angkutan Lebaran pada 3-18 April 2024. Dimana pada periode tersebut, KCIC akan mengoperasikan 40 perjalanan Whoosh reguler dan 12 perjalanan tambahan.

"Peningkatan jumlah perjalanan ini merupakan antisipasi KCIC terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi seperti pada periode libur panjang sebelumnya," kata Eva dalam keterangannya, Kamis, 4 April 2024.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Dia mengatakan, dengan bertambahnya jadwal perjalanan, maka waktu tunggu antara Kereta Cepat Whoosh di jam sibuk mencapai hingga 25 menit. Dari segi jadwal, Whoosh relasi Halim-Tegalluar akan beroperasi mulai pukul 06.40-20.30 WIB. Sementara relasi Tegalluar-Halim dari pukul 05.00-20.30 WIB.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Hal ini membuat para penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhannya," ujarnya.

Dia menambahkan, berdasarkan pantauan KCIC hingga saat ini, tanggal keberangkatan yang menjadi favorit masyarakat adalah H-5 Lebaran atau di tanggal 5 April 2024 dan seterusnya. Eva menjelaskan, untuk tiket yang sudah terjual pada tanggal dan jam favorit, sudah mencapai di atas 80 persen. Jumlah tersebut masih akan terus berubah sehubungan penjualan tiket yang masih berlangsung.

“Kami ingin memberikan segala yang bisa kami berikan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Di tengah tingginya mobilitas masyarakat selama periode libur lebaran ini, berbagai layanan tambahan diharapkan bisa membuat perjalanan penumpang semakin nyaman,” kata Eva.

Selain itu, lanjut Eva, penambahan jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh KAI, menuju Bandung dan Cimahi.

“KCIC juga telah berkoordinasi dengan seluruh operator intermoda lainnya untuk memenuhi kebutuhan angkutan lanjutan para penumpang dari Stasiun Whoosh ke berbagai destinasi lainnya,” ujarnya.

Eva sebelumnya menyampaikan seiring tingginya permintaan penumpang yang mau naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Ia menjelaskan harga tiket kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung itu berkisar dari Rp 250.000 sampai Rp 300.000. 

"Untuk di momen libur Lebaran ini karena demand-nya juga cukup tinggi, harganya itu berkisar antara sekitar Rp250.000 sampai Rp300.000," ujar Eva 

Sebagai informasi, harga tiket kereta cepat Whoosh mulai H-5 Lebaran untuk kelas ekonomi premium dijual Rp250.000. 

Sedangkan, untuk tiket First Class dijual Rp 600.000 dan kelas bisnis Rp 450.000. Kemudian, harga tiket mulai tanggal 10 April 2024 untuk kelas ekonomi premium dijual Rp 300.000. Tiket First Class tetap sama yaitu Rp 600.000 dan kelas bisnis Rp 450.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya