Loyo, Rupiah Dibuka Melemah Jelang Libur Lebaran Idul Fitri

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat pagi, 5 April 2024. Rupiah tercatat melemah sebesar 16 poin atau 0,10 persen ke posisi Rp15.908 per dolar AS.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.907 per dolar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah berpeluang melemah terhadap dolar AS pada hari ini. Faktor itu dipicu makin dekatnya libur Lebaran 2024.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

"Rupiah berpeluang melemah menjelang libur panjang terhadap dolar AS hari ini. Dengan tekanan yang besar terhadap aset berisiko, pasar mungkin enggan menahan aset rupiah selama libur pasar. Sebagian indeks saham Asia yang notabene adalah aset berisiko, terlihat tertekan pagi ini," kata Ariston kepada VIVA Jumat, 5 April 2024.

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Ariston menuturkan, pelaku pasar saat ini masih mewaspadai arah kebijakan moneter The Fed ke depan apakah rencana pemangkasan suku bunga akan tetap berjalan.

"Data ekonomi penting AS yaitu serentetan data tenaga kerja versi pemerintah akan dirilis malam ini yang menjadi fokus pasar pekan ini. Data yang membaik bisa mendorong pelaku pasar memegang dollar lebih lama, dan sebaliknya," jelasnya.

Selain itu, Ariston mengatakan, ketegangan geopolitik yang masih memanas juga masih menguntungkan dolar AS sebagai aset aman.

Adapun untuk hari ini mata uang rupiah terhadap dolar AS berpotensi melemah di kisaran Rp 15.930-Rp 15.950. Sedangkan potensi support di kisaran Rp 15.880-Rp 15.860.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya