Pemerintah Bebaskan Bea Masuk Sembako

Pasar Tradisional
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Mengantisipasi harga bahan pangan yang terus melonjak pada  awal tahun 2011, pemerintah akan menghapuskan bea masuk sejumlah komoditas pangan.

"Kemungkinan pekan depan akan mulai efektif," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam Keterangan Pers Retreet Bahan Pangan di Kantor Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta, kemarin.

Menurut Hatta, komoditas bahan pangan yang bakal dibebaskan bea masuk itu diantaranya beras, terigu, kedelai, dan pakan ternak. Sementara gula dan jagung masih tetap dikenakan bea masuk, karena pemerintah ingin meningkatkan produksi kedua komoditas itu.

Namun Hatta menegaskan kepastian komoditas yang bebas bea masuk itu baru bisa diketahui pekan depan, atau setelah adanya usulan dari kementerian teknis.

"Pada hari Senin semua usulan dari kementerian teknis harus sudah masuk, Rabu dibahas tim. Baru setelah itu menteri keuangan akan mengeluarkan peraturan menteri," katanya.

Untuk menjamin pelaksanaan bebas bea masuk itu, pemerintah menjanjikan akan mengefektifkan tim stabilisasi harga. Tim ini setiap saat terus mengamati perkembangan global. "Jadi respon kebijakan setiap saat dilakukan dengan melihat perkembangan global," ujar Hatta.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Shandy Aulia

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Banyak selebriti Indonesia memiliki latar belakang keturunan bangsawan atau keturunan dari keluarga kerajaan. Para keturunan ini kerap disebut sebagai pewaris darah biru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024