BI: Ekonomi Belum Buruk Benar

Darmin Nasution
Sumber :
  • www.daylife.com

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, menjamin pihaknya dan Kementerian Keuangan telah memiliki prosedur standar operasional atau standard operating procedure (SOP) jika kondisi krisis ekonomi global berdampak luas. Prosedur ini juga dipakai untuk mengantisipasi imbas dari krisis ekonomi di Eropa.

PBSI Sumedang, Merajut Asa Melalui Turnamen Bulutangkis Usia Muda

"Kami punya kesepakatan sejak lama bahwa kalau situasi begini, kurs begini, IHSG begini, harga SUN begini, maka situasi itu bisa dikatakan (begini)," kata Darmin, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 8 Agustus 2011

Darmin menegaskan, SOP yang dimiliki BI dan Kemenkeu tersebut konkret dan dapat diaplikasikan, jika kondisi ekonomi dunia semakin memburuk. "Tidak ada yang tidak konkret, artinya itu adalah yang dilaksanakan secara konkret pada situasi memburuk," ujarnya.

Namun, Darmin engan menyebutkan status kondisi ekonomi Indonesia pasca gejolak ekonomi di Eropa dan AS. Alasannya, bank sentral dan pemerintah memiliki kriteria tertentu sebelum memutuskan kondisi ekonomi nasional. 

"Dalam sistem, kita dianggap situasi mulai lampu kuning, lampu merah, ada ukurannya," ucapnya.

Darmin juga enggan menyebutkan apakah ukuran lampu kuning dan lampu merah tersebut. "Saya tidak mau bilang, kapan itu. Saya tidak perlu mengatakan kapan itu. Nanti lihat saja," kata dia.

Dia memastikan bahwa situasi  perekonomian hingga saat ini belum bisa disamakan dengan situasi pada 2008, ketika krisis keuangan global menerpa Indonesia.

Presiden FIFA Bangga dengan Pencapaian Timnas Indonesia: Bergerak ke Arah yang Benar

"(Kondisi ekonomi) belum buruk benar. Rasio utang kita lebih rendah diukur dengan negara mana pun," ujarnya. (art)

Witan Alami Pecah Kepala Saat Lawan Guinea U--23

Witan Sulaeman Pecah Kepala Saat Timnas Indonesia Vs Guinea, Sang Istri Langsung Ungkap Kondisinya

Witan Sulaeman mengalami benturan kepala dari salah satu pemain Guinea U-23, Issiaga Camara. Akibatnya, ia harus mendapatkan perawatan dan memakai perban di kepala.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024