Presiden SBY Ungkap Langkah RI di G20

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Tiba di Halim
Sumber :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pertemuan puncak G20 yang digelar di Cannes, Perancis. Dalam pertemuan tersebut, Presiden memberikan penjelasan tentang misi serta kepentingan Indonesia dalam kancah dunia.

"Ya, tentang highlights atau hal-hal penting terkait G20 Summit dan dinamika perkembangan ekonomi global dewasa ini. Kita berkepentingan pastikan bahwa Indonesia siap merespon perkembangan global apapun. Di sisi lain, agar perekonomian Indonesia dapat ditingkatkan dari tahun ke tahun," ujar SBY setelah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma dari menghadiri pertemuan KTT G20 dan konfrensi UNESCO di Perancis, Sabtu 5 November 2011.

Presiden menuturkan, dalam pertemuan tersebut memang dibayang-bayangi oleh krisis di zona euro, terutama di Yunani. Namun, pada pertemuan puncak G20 tetap dinamis, interaktif, dan tidak terlalu protokeler. "Terutama, ketika para pemimpin berdebat dan mencari solusi yang sedang dihadapi dunia saat ini," kata SBY.

Presiden mengungkapkan, dalam dua hari pertemuan puncak di Cannes, ia melakukan pertemuan bilateral yang sudah terjadwal maupun pembicaraan dengan pimpinan dunia lain di sela-sela G20 Summit.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

"Contohnya dengan Kanselir Jerman, Presiden Rusia, Barack Obama. Dengan semua pemimpin negara Asia juga bicara. Juga dengan Perdana Menteri Australia Julia dan Sekjen PBB serta Pimpinan ILO. Meski tidak formal, tetapi mengaitkan pada isu-isu bilateral dan kerja sama lain," tuturnya.

Sementara itu, Presiden SBY tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma tepat pukul 15.06 WIB.

Berdasarkan pantauan VIVAnews.com, tampak hadir beberapa pejabat seperti Wakil Presiden Boediono beserta Istri, Menteri Sektretaris Negara Sudi Silalahi, Menkokesra Agung Laksono, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Menpora Andi Mallarangeng, Kapolri Timur Pradopo, Panglima TNI Agus Suhartono, dan Gubernur DKI Fauzi Bowo. (eh)

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Parto Dijenguk Akri dan Eko Patrio

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Dalam kesempatan itu, Akri juga meminta kepada penggemar ataupun teman-teman dari Parto agar tidak perlu khawatir karena saat ini kondisi kesehatan sang komedian.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024