KPC Kembali Terima Penghargaan ISRA

Aktivitas tambang batu bara
Sumber :
  • REUTERS/David Stanway

VIVAnews - National Center for Sustainablity Reporting (NCSR) memberikan penghargaan Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) kepada 26 perusahaan yang dinilai telah mengembangkan pelaporan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas.

Justin Bieber dan Hailey Baldwin Bakal Punya Anak!

Di bidang sumber daya alam, PT Kaltim Prima Coal (KPC) kembali menerima penghargaan sebagai Best Sustainability Report 2010, Kategory National Resources. KPC mengalahkan PT International Nickel Indonesia Tbk dan PT Aneka Tambang Tbk.

"Penghargaan ini untuk memberikan penghargaan bagi perusahaan yang telah mempublikasikan laporan keberlanjutan atau telah mengintegrasikan laporan keuangan tahunan serta untuk meningkatkan awareness terhadap transparansi dan akuntabilitas," kata Ketua Dewan Juri, Sarwono Kusumaatmadja, dalam sambutannya pada malam penghargaan ISRA, di Ballroom Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Rabu, 21 Desember 2011.

Selain NCSR, penghargaan ini juga bekerjasama dengan Indonesia-Netherlands Association (INA) serta American Chamber of Commerce (AMCHAM) dengan dukungan Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, Komite Nasional Kebijakan Governence (KNKG), Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI), Forum for Corporate Governence in Indonesia (FCGI), dan Asosiasi Emiten Indonesia (AEI).

ISRA 2011 dimulai pada 1 Agustus lalu pada saat registrasi dibuka dan diakhiri pada 21 Desember 2011 pada saat penghargaan Gala Dinner di Jakarta.

Penjurian telah dilaksanakan oleh dewan juri yang mewakili sejumlah pemangku kepentingan seperti IAMI, Bursa Efek Indonesia (BEI), Universitas, KNKG, pers, media serta Non-Governmental Organizations.

Semua penilai adalah lulusan Certified sustainability reporting specialist (CSRS) dan sangat ketat dalam melakukan penjurian. Tahun ini adalah ketujuh kalinya penyelenggaraan ISRA. Kriteria juri yang digunakan adalah pedoman keberlanjutan Global Reporting Initiative (GRI).

ISRA adalah penghargaan yang diselenggarakan setiap tahun oleh NCSR, sebagai sarana untuk meningkatkan dan mengembangkan Sustainability Reporting di Indonesia. ISRA juga menjadi ajang penghargaan yang bergengsi bagi perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia yang telah menerbitkan Sustainability Report. 

AS Ancam Setop Kirim Senjata ke Israel Jika Nekat Serang Wilayah Rafah

Diantara perusahaan-perusahaan yang pernah berpartisipasi di ajang ISRA antara lain: Telkom, Antam, Unilever, Astra, Indosat, PLN, Jasa Marga, Bank Mandiri, Indocement, dan perusahaan-perusahaan terkemuka lainnya.

Dalam sejarah penyelenggaraan ISRA yang telah 7 kali diselenggarakan, KPC telah beberapa kali memenangkan penghargaan sebagai berikut:

1.    Best Sustainability Reporting tahun 2006
2.    2nd Best Sustainability Reporting tahun pelaporan 2007 (ISRA 2008, winner: Telkom)
3.    Best Overall Reporting tahun 2008 (ISRA 2009)
4.    2nd Best Sustainability Reporting tahun 2009 (ISRA 2010, winner: Antam)
5.    Best Sustainability Reporting category Natural Resources tahun 2010 (ISRA 2011)

Selain itu, selama tahun 2011 ini KPC telah pula menerima beberapa penghargaan berikut:

1.    5th ASEAN Energy Award 2011: Winner of Best Practices Competition for Energy Efficient Buildings
2.    5th ASEAN Energy Award 2011: 1st runner-up for Energy Management in Buildings and Industries
3.    Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) dari Menko Kesra: Gold award untuk CSR Best Practice.
4.    Penghargaan Aditama dari Kementerian ESDM untuk Pengelolaan Lingkungan
5.    Kategori PROPER Hijau untuk tahun 2011

"KPC adalah modern minning sebagai sutainable development, KPC tidak hanya melaporkan tapi merupakan satu komitmen untuk menjadikan company culture bagi keberlanjutan," kata Chief Operating Officer PT Kaltim Prima Coal, R Utoro, usai menerima penghargaan. (eh)

Harga Emas Hari Ini 10 Mei 2024: Produk Global dan Antam Meroket
Penyerang Guinea U-23, Algassime Bah (nomor 12)

Bikin Timnas Indonesia U-23 2 Kali Dihukum Penalti, Algassime Bah Ungkap Isi Hatinya

Timnas Indonesia U-23 mendapat dua hukuman penalti ketika menghadapi Timnas Guinea U-23 dalam play-off Olimpiade Paris 2024. Algassime Bah angkat bicara.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024