Sofyan Djalil: Darmin Nasution Ditunggu Segudang Pekerjaan

jokowi lantik menteri baru
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Darmin Nasution resmi menjabat sebagai menteri Koordinator Bidang Perekonomian, menggantikan Sofyan Djalil pada hari ini, Rabu 12 Agustus 2015. Serah terima jabatan telah dilakukan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sore tadi.

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya
Dalam sambutannya, Sofyan menitipkan segudang tugas yang belum sempat terselesaikan selama menjabat sekitar 10 bulan ini. 

Lebih Oke Mana, Ekonomi RI atau Brasil?
"Yaitu, tentang peraturan presiden (perpres) percepatan pembangunan dan instruksi presiden anti kriminalisasi pejabat, lalu peraturan pemerintah tentang kereta cepat, perpres Light Rail Transit (LRT) dan beberapa hal lagi. Semua sudah menunggu di meja Bapak," ujar Sofyan, Rabu 12 Agustus 2015.

Dia meyakini, Darmin memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Selain itu, mantan gubernur Bank Indonesia tersebut punya banyak pengalaman mengelola ekonomi di Indonesia.
 
"Tapi, nggak perlu diajarin, Pak Darmin sudah sangat berpengalaman. Beliau bekas gubernur Bank Indonesia. Jadi, sudah pengalaman dan Beliau tahu benar permasalahannya," kata dia.

Karena itu, menurut Sofyan, pergantian jabatan menteri ini hanya tukar posisi untuk penyegaran kabinet. "Beliau sangat paham masalah ekonomi, jadi ini tugas tinggal ambil alih saja," tuturnya. 

Sebagai informasi, Sofyan Djalil digeser Presiden Joko Widodo ke Taman Suropati. Ia menggantikan Andrinof Chaniago sebagai menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/kepala Bappenas. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya