Menteri Thomas Tak Punya Banyak Waktu Beradaptasi

Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Mendag Enggar Tak Takut Anggaran 'Disunat'
- Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Hafiz Tohir mendorong Menteri Perdagangan yang baru, Thomas Trikasih Lembong, untuk bergerak cepat. Dengan kondisi saat ini, menteri baru tidak mempunyai waktu lama untuk beradaptasi.

Daftar RUU yang Telah Disahkan DPR di Masa Sidang V
"Minggu depan Menteri Lombong sudah harus punya road map yang komprehensif, Kementerian Perdagangan mau dibawa ke mana," kata Hafiz di gedung DPR, Jakarta, Kamis 20 Agustus 2015.

Ini Misi Ekspor Pertama Enggar Jabat Mendag
Dia memaklumi, saat ini, Thomas belum bisa merespons permasalahan yang ada di kementeriannya. Misalnya, soal kelangkaan daging sapi dan daging ayam.   
"Dia (Thomas) masih baru dan kelihatan belum menguasai betul berbagai persoalan di bidangnya," katanya. 

Namun, dia kembali menegaskan, proses belajar harus dilakukan dengan cepat. Sebab, saat ini rakyat seperti petani, pedagang sudah menjerit, mereka menunggu langkah nyata dari menteri perdagangan.

"Mendag sudah harus menyiapkan dan membahas bersama DPR tentang RAPBN 2016.Tak ada lagi masa belajar, sudah harus kerja kerja kerja seperti semboyan pemerintah," ujarnya.

Hafiz pun mengkritisi beberapa langkah dan pernyataan yang telah dikeluarkan Thomas setelah dilantik sebagai Menteri Perdagangan. Misalnya, Thomas berulang kali mengatakan kebijakan yang akan diambil akan lebih pragmatis dan lebih mengutamakan hasil. 

"Ini yang harus di koreksi, jangan setiap persoalan yang muncul kemudian diambil solusi instan, misalnya kelangkaan daging sapi terus main impor," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya