Terminal 3 Bandara Soetta Sudah Bisa Dipakai Lebaran?

Loket check-in di Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno Hatta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

VIVA.co.id – Musim mudik di depan mata. Salah satu moda transportasi yang dipilih sebagian masyarakat adalah pesawat terbang.

Dipastikan, suasana bandara bakal ramai dari biasanya akibat aktivitas mudik. Hal ini pula yang tentunya menjadi pertanyaan sebagian penumpang pesawat seputar Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, apakah sudah bisa dioperasikan, agar mendukung kenyamanan mudik Lebaran tahun ini?

Citilink Operasikan Seluruh Rute di Terminal 3 Bandara Soetta 23 Juli

Menjawab hal itu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, menegaskan jika Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta tak bisa dioperasikan pada saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Menurut Jonan, jika dipaksakan, tentu akan melanggar aspek-aspek keselamatan.

Kata Jonan, sejauh ini masih banyak persyaratan yang masih belum dipenuhi oleh operator bandara, yakni PT Angkasa Pura II (Persero). Di antara persyaratan tersebut adalah arus listrik dan genset, serta sistem navigasi pesawat yang belum memenuhi standar keselamatan penerbangan.

Cathay Pacific Pindah ke Terminal 3 Soekarno Hatta

"Enggak bisa (dioperasikan). Banyak syarat yang harus dipenuhi. Kecuali misalnya AP II itu bisa memenuhi semua sekarang," kata Jonan ditemui usai rapat dengan Komisi V DPR RI, Senin, 27 Juni 2016.

Jonan memastikan, pada masa mudik dan balik Lebaran tahun ini, perluasan bandara 3 tersebut tak dapat beroperasi. Jonan menyebut, walaupun AP II saat ini bisa memenuhi persyaratan, namun pengoperasian tetap tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat ini.

Jokowi Minta Terminal 4 Bandara Soetta Dibangun 2020

Menurut Jonan, petugas dari Kemenhub telah melakukan pemeriksaan. Tidak ada, pemeriksaan ulang yang perlu dilakukan.

"Kita harus konsentrasi Lebaran dahulu, inspektur saya juga sudah enggak ada untuk memeriksa, semua sudah di lapangan. Tunggu setelah operasi Lebaran selesai, kita cek lagi," tutur Jonan.

Atap gedung parkir terminal 3 Bandara Soetta terbang diterjang angin kencang.

Diterjang Angin Kencang, Atap Terminal 3 Bandara Soetta Terbang

Atas yang terbang itu berada di sisi gedung parkir terminal 3.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2020