Swasembada Solar, Pertamina Hemat Devisa

Pengendara motor mengisi bahan bakar di SPBU.
Sumber :
  • Dian Tami/VIVAcoid

VIVA.co.id – PT Pertamina (Persero) disebut telah meningkatkan produksi solar dalam negeri sehingga melampaui kebutuhan. Karena itu, impor solar tak tak lagi diperlukan.

Mafia Pencurian 21,5 Ton Solar Diduga Melibatkan Oknum Pejabat

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), IGN Wiratmaja Puja mengatakan bahwa hal ini tidak hanya mengurangi beban anggaran negara, namun juga meningkatkan nilai tambah.

“Jadi ada nilai tambah dengan pengolahan solar di dalam negeri,” ujar Wirat di Jakarta, Kamis, 14 Juli 2016.

PDAM Kota Malang Tercemar Solar, Polisi Periksa 12 Pegawai

Menurut dia, tidak hanya solar, pemerintah juga terus mendorong swasembada bahan bakar minyak (BBM) lainnya, seperti premium, dan pertamax, sehingga industri pengolahan nasional semakin maju.

“Kita percepat pembangunan infrastruktur dan pembangunan kilang-kilang,” kata dia.

Gara-gara HTI Pertamina Rugi Rp11 Triliun, Cek Faktanya

Berdasarkan data Pertamina, tercatat total permintaan solar di dalam negeri pada 2014 mencapai 171,92 juta barel dan 125,81 juta barel di antaranya dipenuhi dari produksi dalam negeri. Sisanya, 33,92 juta barel atau 21 persen dipenuhi dari impor.

Setahun kemudian, permintaan solar turun menjadi 148,37 juta barel dan 125,4 juta barel di antaranya dipenuhi dari produksi dalam negeri. Sisanya, 11,6 juta barel atau 8 persen dipenuhi dari impor.

Dan sejak akhir Mei 2016, Pertamina berhasil membukukan swasembada solar seiring dengan tambahan produksi dari pengoperasian Kilang Trans Pacific Petroleum Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur. Kilang TPPI dapat mengolah sekitar 100 ribu barel per hari (bph) kondensat dan naphta.  

Dari pengolahan bahan baku dengan mogas mode akan diperoleh beberapa produk minyak, seperti elpiji, solar, fuel oil, premium, dan high octane mogas component (HOMC) yang merupakan produk naptha. TPPI dapat menghasilkan sekitar 61 ribu bph premium, 10 ribu bph HOMC, dan 11.500 bph solar. Pada 2023, Pertamina memproyeksikan bisa melakukan swasembada BBM.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya