Begini Cara Swasta Ikut Kembangkan UMKM Tanah Air

Ilustrasi Es Krim AICE.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kian berperan penting di percaturan ekonomi ASEAN. Di Indonesia sendiri, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi di tengah lambatnya pertumbuhan ekonomi dan dampak krisis ekonomi global.

Kisah Inspiratif Zhang Hongchao: Dari Pinjaman Nenek Jadi Gurita Bisnis Mixue Rp18 T

Bahkan, jumlah UMKM saat ini terus tumbuh pesat dari tahun ke tahun. Dan kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen dalam lima tahun terakhir.

Dari sektor ini pula tercatat jumlah tenaga kerja yang terserap pun terus mengalami peningkatan dari 96,99 persen pada 2016 menjadi 97,22 persen pada tahun lalu.

Kakek Penjual Es Krim Keliling di Bekasi Dijambret Rp5 Juta, Pelaku Kabur!

Adapun jumlah UMKM yang menjamur di Tanah Air adalah industri makanan, di mana peluang usaha ini dapat dijalankan dengan modal yang tidak besar, tahan krisis, serta rotasi keuangan yang lebih cepat sehingga mudah balik modal.

Untuk itu, dalam mengembangkan pertumbuhan UMKM sejumlah wirausaha ikut mendukung, baik itu dari penyediaan barang maupun permodalan. Hal itu dilakukan oleh PT Alpen Food Industry, produsen es krim bermerek AICE.

Viral Pedagang Es Krim Punya Wajah Mirip Pangeran Mateen di Bromo

Brand Manager AICE, Sylvana Zhong Xin Yun, mengatakan pihaknya memberikan pemodalan berupa lemari pendingin kepada UMKM. Hal itu, dilakukan untuk menopang pendapatan UMKM.

“Kami sejak 2016 memberikan lemarin pendingin ke pengusaha kecil secara cuma-cuma sehingga pemasaran produk dapat menopang pendapatan menjadi lebih baik,” ucap Sylvana dalam keterangan tertulisnya, Rabu 10 Januari 2018.  
 
Ia mengungkapkan, dengan peran serta swasta dan pemerintah membantu para pelaku UMKM maka kondisi ekonomi dalam negeri tentunya semakin baik. Hal itupun diyakin dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi lebih stabil.

"Ketika UMKM bertumbuh bersama pada wirausaha, mana akan menempatkan keduanya menjadi pejuang ekonomi Indonesia," ujarnya.

Perlu diketahui, AICE baru saja memenangkan Halal Awards kategori Produk Pendatang Baru Terbaik di Indonesia. Saat ini, UMKM yang tumbuh bersama AICE mencapai 80 ribu gerai.

AICE juga telah berhasil menjadi es krim pilihan di Asian Games 2018 untuk semakin berkontribusi bagi semangat dan perekonomian masyarakat Indonesia. Saat ini, pabrik es krim AICE berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya