Perahu Karam, Wanita Tewas dan 18 WNI Hilang di Perairan Malaysia

Perahu nelayan. Foto ilustrasi
Sumber :
  • REUTERS/Tim Wimborne

VIVA – Seorang wanita tewas dan 18 orang warga negara Indonesia (WNI) lainnya dinyatakan hilang setelah sebuah perahu yang mengangkut mereka menuju Malaysia secara ilegal karam. Perahu terbalik sekitar 6,5 Mile laut dari Tanjung Punggai.

Sedikitnya 145 Penumpang Dikhawatirkan Tewas Akibat Perahu Tenggelam di Kongo

Kapten Sanifah Yusof dari Johor Malaysia Maritime Enforcement Agency (MMEA) mengatakan, kapal melebihi muatan tersebut membawa sebanyak 44 orang di dalamnya ketika berlayar menuju Malaysia.

"Investigasi awal menunjukkan bahwa kapal berangkat dari Batam sekitar pukul 10.00 malam pada Minggu tapi karena cuaca buruk dan kelebihan muatan, kapal itu terbalik sekitar dua jam kemudian,” kata Sanifah dalam sebuah konferensi pers seperti diberitakan The Star.

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

MMEA menerima informasi sekitar pukul 04.45 pagi tadi dari para pekerja di dekat sebuah oilrig setelah menemukan dua orang Indonesia berenang ke arah mereka.

Sanifah mengatakan bahwa operasi pencarian dan penyelamatan telah dilakukan dengan melibatkan 144 personel dan petugas dari berbagai lembaga termasuk MMEA, polisi laut, Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan Angkatan Laut.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

Dia mengatakan bahwa sejak pukul 03.00 sore tadi, tim berhasil menyelamatkan 26 korban termasuk dua wanita dan 24 pria. Para korban berusia antara 20 tahun hingga 40 tahun.

"Sembilan dari korban telah dikirim ke rumah sakit untuk perawatan medis lebih lanjut. Sementara kami masih mencari 18 korban," katanya.

Petugas mengevakuasi tiga korban tenggelam di Sungai Bengawan Solo di Lamongan.

3 Remaja Lamongan Tewas Usai Perahu Mereka Tenggelam di Bengawan Solo

Tiga remaja ditemukan meninggal dunia dalam insiden perahu tenggelam di sungai Bengawan Solo di Kelurahan Banaran, Lamongan, Sabtu, 29/7

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2023