Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Korsel Makin Intensif, Apa Saja Bentuknya

Menlu Retno Marsudi dan Menlu Korsel Kang Kyung-Hwa
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengintensifkan kerja sama ekonomi dengan Korea Selatan, khususnya dalam kerja sama industri untuk menghadapi dinamika perekonomian global.

Sesama Kelompok WNI di Korsel Berkelahi, Satu Orang Tewas

Hal ini disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-Hwa di Kementerian Luar Negeri Korea Selatan. 

"Di tengah tren proteksionisme sekarang ini, kedua negara perlu melipatgandakan upaya bersama, memanfaatkan berbagai peluang dagang dan mendorong sistem ekonomi yang terbuka," kata Retno lewat keterangan tertulis.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

Kedua menlu sepakat untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada dari Special Strategic Partnership yang disepakati oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Moon Jae-in pada November 2017.

Pada 2017, nilai perdagangan Indonesia dan Korea Selatan meningkat hingga US$16,31 miliar dibandingkan 2016 yang hanya mencapai US$13,68 miliar.

Pengamat Sepakbola: Penyelesaian Akhir Timnas Indonesia Masih Harus Dibenahi

Di samping itu, Menlu Retno kembali menegaskan dukungan dan harapan pemerintah Indonesia terkait proses perdamaian dan denuklirisasi Korsel dengan Korea Utara.

"Menlu Kang sudah menyampaikan langsung perkembangan proses perdamaian di Semenanjung Korea. Saya kembali tegaskan pentingnya follow up dalam menuju perdamaian semenanjung Korea," ungkap Retno.

Pemain voli Indonesia Megawati Hangestri Pertiwi

Gaji Megawati Hangestri Naik Jadi Rp2,4 Miliar per Musim di Red Sparks, Kebeli Avanza Tiap Bulan

Megawati Hangestri Pertiwi resmi mendapatkan kenaikan gaji yang fantastis, menyusul peresmian kontraknya dengan klub Liga Voli Korea Red Sparks. Per musim Rp2,4 miliar..

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024