Puluhan Kendaraan Mewah Senilai Rp78 Miliar Dibuldozer Duterte

Presiden Filipina Rodrigo Duterte.
Sumber :
  • REUTERS/Erik De Castro

VIVA – Sebuah supercar Lamborghini termasuk di antara puluhan kendaraan mewah yang dihancurkan menggunakan buldozer di Filipina. Tindakan tersebut merupakan bentuk perlawanan keras Presiden Filipina Rodrigo Duterte melawan korupsi.

Diduga Ada Persekongkolan Jahat Pelaksanaan Lelang Barang Rampasan Benda Sita Korupsi Paket Saham

Presiden Duterte menyaksikan secara langsung ketika sebuah buldoser menghancurkan 76 mobil dan motor yang diselundupkan, termasuk di merek terkenal seperti Mercedes-Benz, Porche dan Harley Davidson senilai US$5,5 juta atau setara Rp78,38 miliar dengan kurs Rp14.251.

Pihak berwenang mengatakan kendaraan-kendaraan tersebut merupakan bagian dari 800 barang yang diimpor ke Filipina lewat cara ilegal.

Selain Sandra Dewi, Ini Daftar Istri Tersangka Kasus Korupsi Timah yang Diperiksa Kejaksaan

"Anda tahu, sebelum tempat ini benar-benar dapat dikembangkan atau menjadi tempat yang layak untuk berbisnis, Anda pertama-tama harus menetapkan hukum dan ketertiban," kata Duterte, sebagaimana dilansir Asian Correspondent, Senin 6 Agustus 2018.

Ini adalah kali kedua di mana Duterte secara langsung mengawasi penghancuran kendaraan-kendaraan mewah tersebut. Dalam kesempatan yang sama Februari lalu, Duterte menyaksikan pemusnahan 30 mobil mewah, untuk mengirimkan sebuah pesan yang kuat kepada penyelundup barang ilegal.

Jusuf Kalla Besok Bakal jadi Saksi Meringankan Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan

Alih-alih menguangkan kendaraan dengan menjualnya, Duterte mengatakan lelang barang mewah itu justru akan memungkinkan sindikat yang sama untuk menawar barang-barang tersebut lewat orang lain.

Sejak menjabat pada 2016 lalu, Duterte telah meluncurkan kampanye anti-korupsi berskala luas, seiring dengan perang terhadap obat-obatan yang telah membunuh ribuan tersangka. Dia juga menawarkan untuk mundur dari jabatan, jika dia gagal dalam usahanya untuk menyingkirkan korupsi dari negara tersebut.

JK di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat

JK Hadir Jadi Saksi Meringankan Eks Dirut Pertamina di Kasus Korupsi LNG

Wapres RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla atau JK memenuhi kehadiran menjadi saksi dalam sidang kasus korupsi dengan terdakwa eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024