Di China, Obama Reuni dengan Saudara Tiri

VIVAnews - Selama tiga hari di China, 16-18 November 2009, Barack Obama ternyata tak hanya bertemu dengan para pejabat setempat. Presiden Amerika Serikat (AS) itu sempat reuni dengan saudara tirinya yang tinggal di China. Dia adalah Mark Ndesandjo. 

Kepada stasiun televisi CNN, Rabu 18 November 2009, Obama mengaku sempat menemui Ndesandjo. Pertemuan itu berlangsung Senin malam, tak lama setelah Obama tiba di Beijing.

"Saya tidak terlalu mengenalnya. Saya bertemu dia pertama kali beberapa tahun lalu," kata Obama mengenai Ndesandjo. "Saat di Beijing, dia beserta istrinya mengunjungi saya selama lima menit," lanjutnya. Setelah itu, Obama enggan mengungkapkan apa yang mereka bicarakan selama reuni singkat itu.

Sedangkan kepada kantor berita Associated Press, Ndesandjo menggambarkan bahwa pertemuan itu berlangsung "hangat" dan "intens". "Saya kira begitu tiba dia berganti pakaian lalu turun dan menjumpai kami," kata Ndesandjo.

"Dia memeluk saya. Pertemuan itu sangat intens. Saya serasa masih berada dii bulan. Dan istri saya, dia adalah penggemar berat Obama dan saat ini dia sedang berusaha mengembalikan kesadarannya setelah pertemuan itu," lanjut pria yang sudah tinggal lama di China dan bekerja sebagai konsultan marketing ini. Bersama istrinya, Ndesandjo tinggal di Shenzhen, kota industri yang berbatasan dengan Hong Kong.

Dia baru-baru ini menulis novel mengenai ayahnya, yang juga ayah kandung Obama. Walau memiliki ayah yang sama, Obama dan Ndesandjo tidak tumbuh dewasa bersama. Ibu Ndesandjo, Ruth Nidesand, adalah istri ketiga Barack Obama senior.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Obama di Tembok Cina

Barack Obama saat mengunjungi Tembok Besar di China. (AP Photo)

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Ayah Obama adalah mahasiswa pertukaran asal Kenya yang bertemu dengan ibu kandung Obama, Stanley Ann Dunham, yang merupakan warga Amerika. Dua tahun setelah Obama lahir, mereka bercerai. Dunham kemudian menikah dengan Lolo Soetoro, yang selama beberapa tahun menjadi ayah tiri Obama. 

Obama senior kemudian menikah dengan ibu kandung Ndesandjo dan kembali ke Kenya di mana Ndesandjo dan saudaranya, David, lahir. Obama senior meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1982. Saat itu dia berusia 46 tahun.

Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024