RI Kecam Sayembara Kartun Nabi Muhammad di Belanda

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Sumber :
  • VIVA/ Dinia Adrianjara .

VIVA – Pemerintah Indonesia mengecam rencana pelaksanaan kontes kartun bertema Nabi Muhammad yang diprakarsai oleh salah satu anggota Parlemen Belanda, Geert Wilders.

Gibran Pakai Jaket Bermotif Naruto, Pakar Gestur dan Ekspresi Sebut Ada Makna Tersendiri

Kecaman ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada Menteri Luar Negeri Belanda Stephanus Abraham Blok. Retno menyampaikan keprihatinan mendalam dan mengecam rencana kontes tersebut.

"Rencana tersebut merupakan tindakan provokatif dan tidak bertanggung jawab," kata Retno melalui keterangan tertulis Kemlu RI, Jumat, 31 Agustus 2018.

Ngakak, Bocah Nangis Kejer tak Bertemu Teletubbies di Bromo

Retno menegaskan bahwa kegiatan tersebut bisa membahayakan upaya bersama dalam menciptakan perdamaian, stabilitas dan toleransi antar agama dan peradaban

"Kebebasan berekspresi adalah suatu yang harus dihormati, akan tetapi tidak tanpa batas. Semua pihak berkewajiban untuk senantiasa memegang teguh prinsip toleransi untuk saling menghormati," ujar Retno.

Unik, Ada Pameran Lukisan Berbalut Wayang Kartun

Geert Wilders menyelenggarakan lomba kartun Nabi Muhammad, dengan hadiah sekitar Rp148juta. Lomba ini rencananya akan dimulai pada bulan November dan sudah ada sekitar 200 peserta yang mendaftar.

Wilders mengatakan kartun-kartun Nabi Muhammad yang diikutkan di lomba ini akan dipasang di kantornya di Gedung Parlemen Belanda. Ia mengaku sudah banyak yang berminat untuk mengirim karya dalam sayembara tersebut. (ren)
 

Konferensi Pers Ditres Narkoba PMK

Polisi Ungkap Narkoba LSD dari Jerman Sasar Remaja di Jakarta, Berbentuk Prangko Motif Kartun

Polisi mengungkap berbagai modus peredaran narkoba.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024