Geger! Kartun The Simpsons Ramal Ibu Kota Nusantara Usai Jokowi Bicara Ini

The Simpsons Bat vs Australia.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Pernyataan Presiden Joko Widodo yang menawarkan Ibu Kota Nusantara alias IKN kepada penduduk Singapura menjadi sorotan. Hal ini disampaikan Jokowi dalam acara Ecosperity 2023 di Singapura. Ia mengajak warga Singapura untuk berinvestasi dan tinggal di IKN. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Menurut Jokowi, IKN adalah sebuah tempat yang aman dalam jangka waktu panjang untuk melakukan investasi. Terkait omongan Presiden Jokowi yang berusaha merayu warga Singapura untuk berinvestasi itu banyak yang menghubungkan dengan kartun The Simpsons.

“Semua akan baik-baik saja, tak perlu khawatir, investasi anda akan terus berjalan dengan aman dan juga keberlanjutan pembangunan ibu kota negara, kota pintar kelas dunia, dikelilingi alam kota hijau dengan 65% kawasan hutan,” kata Presiden Joko Widodo.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

The Simpsons Bat vs Australia

Photo :
  • Istimewa

Sontak saja ungkapan tersebut ramai dibahas dan menjadi perbincangan hangat. Seperti diketahui, kartun yang berasal dari Amerika Serikat tersebut dinilai memiliki kekuatan magis. Sebab, beberapa scene di dalam kartun tersebut bisa memprediksi sesuatu. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Menariknya, hal yang telah diprediksi oleh The Simpson itu malah menjadi kenyataan di kemudian hari. Seperti adanya peristiwa 11 September di New York, Donald Trump jadi Presiden AS, hingga kemunculan virus berbahaya. 

Dalam episode ke-16 season 6 dengan judul Barts Calls Australia, muncul sebuah cuplikan dimana Barts Simpsons sedang mencari peta Australia di sebuah globe. Saat sudah menemukannya, warganet salah fokus karena melihat peta Pulau Kalimantan. 

Sebab, dalam peta tersebut seharusnya Pulau Kalimantan milik Indonesia tapi malah bertuliskan Singapura. Hal ini pun dihubungkan dengan The Simpsons yang sudah memprediksi pembentukan IKN di Kalimantan dan rayuan Jokowi kepada warga Singapura. 

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Tak sedikit pula warganet yang langsung ketar-ketir setelah mengetahui adanya scene dalam film tersebut. Mereka merasa khawatir bahwa ramalan The Simpsons tersebut akan menjadi nyata, yaitu pulau Kalimantan diduduki oleh Singapura. 

Meski begitu, anggapan mengenai kartun The Simpsons yang diyakini dapat memprediksi sesuatu itu sebenarnya hanyalah sebuah kebetulan semata. Sebab, hal tersebut hanya didasarkan pada sindiran dan kehidupan nyata. 

“Saya akan mengatakan secara umum ketika orang mengatakan The Simpsons telah meramalkan sesuatu,” kata Bill Oakley, penulis The Simpsons tahun 1990

“Itu hanya karena kami menyindir peristiwa kehidupan nyata dari tahun-tahun sebelumnya dan karena sejarah terus mengulanginya, tampaknya seperti kami sedang meramalkan sesuatu,” lanjut Bill Oakley. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya