Logo ABC

Antisipasi Penempatan Militer China, Tentara Australia Dikerahkan

Sumber di Departemen Pertahanan menyebutkan tentara Australia akan fokus kembali di Papua Nugini setelah lama terlibat dalam perang Afghanistan.
Sumber di Departemen Pertahanan menyebutkan tentara Australia akan fokus kembali di Papua Nugini setelah lama terlibat dalam perang Afghanistan.
Sumber :
  • abc

Tentara Australia bisa segera diterjunkan ke Papua Nugini (PNG) menyusul kekhawatiran kecemasan atas pengaruh China yang terus meningkat di wilayah Pasifik.

ABC mendapatkan informasi bahwa rencana penempatan pasukan jangka pendek ke bekas wilayah yang pernah dikelola Australia ini sudah matang. Rotasi ini mirip dengan penempatan tentara latihan saat ini ke pangkalan Angkatan Udara Butterworth di Malaysia.

Sekitar 30 perwira Australia saat ini bertugas dalam Pasukan Pertahanan PNG (PNGDF). Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan beberapa dekade terakhir.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan yang tak mau disebutkan namanya mengatakan Australia "mengalihkan pandangannya" dari PNG selama perang Afghanistan.

Namun, katanya, sekarang akan fokus kembali pada tetangganya yang terdekat.

Menteri Pertahanan Christopher Pyne tidak secara langsung mengkonfirmasi rotasi pasukan dalam dekat ini. Dia hanya mengisyaratkan kehadiran militer Australia yang lebih besar di PNG.

"Pemerintah Australia senantiasa berhubungan dengan Pemerintah PNG mengenai prioritas pembangunan mereka," kata Menteri Pyne dalam pernyataannya.