Kronologi Penangkapan Habib Rizieq oleh Kepolisian Saudi

Habib Muhammad Rizieq Syihab bersama sejumlah aparat di Arab Saudi.
Sumber :
  • Dok. Kapitra Ampera

VIVA – Imam Besar Front Pembela Islam, Muhammad Rizieq Syihab atau MRS ditangkap oleh aparat keamanan Arab Saudi, pada 5 November 2018. Habib Rizieq diduga diperiksa, terkait pemasangan bendera yang mengarah pada ciri gerakan ekstremis.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, MRS dijemput oleh Kepolisian Mekah dan Mahabis Ammah, untuk dibawa ke kantor polisi pada 5 November, sekitar pukul 16.00 waktu Saudi.

"Tempat tinggal MSR didatangi pihak Kepolisian, karena adanya pemasangan bendera hitam yang mengarah pada ciri-ciri gerakan ekstremis," kata Agus, saat dihubungi VIVA, Rabu 7 November 2018.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Rumah Muhammad Habib Rizieq di Arab Saudi

Diketahui, bendera berwarna hitam itu terpasang pada dinding bagian belakang rumah MRS. Polisi mendatangi kediaman Habib Rizieq, setelah menerima laporan dari warga negara Saudi yang melihat bendera tersebut terpasang.

Habib Rizieq Menikah Lagi karena Diminta Ketujuh Anaknya

"Selanjutnya, untuk proses penyelidikan dan penyidikan, MRS ditahan oleh pihak kepolisian wilayah Mekah. Setelah selesai pemeriksaan di Kantor Mabahis 'Aamah (intelijen umum), ia diserahkan kepada Kepolisian Sektor Mansyuriah Kota Mekah, pada 6 November," ujar Agus.

Pada 6 November 2018, pukul 08.00 malam, Habib Rizieq akhirnya dikeluarkan dari tahanan Kepolisian Mekah dengan jaminan. Ia didampingi oleh staf dari KJRI Jeddah, yang memberikan pendampingan kekonsuleran. (asp)

Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Pengajuan amicus curiae yang dilakukan sejumlah tokoh ini heboh mencuat terkait dengan persidangan dalam pekara sengketa hasil Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024