Logo ABC

Selandia Baru Peringatkan Ancaman Campur Tangan China

Winston Peter telah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri untuk dua pemerintahan.
Winston Peter telah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri untuk dua pemerintahan.
Sumber :
  • abc

Wakil Perdana Menteri Selandia Baru yang sekaligus merangkap Menteri Luar Negeri Winston Peters mengatakan adalah "naif" untuk berpikir bahwa masyarakat luas tidak dimata-matai oleh kekuatan asing.

Dalam wawancara dengan Radio Live di Selandia Baru, Winston Peters mengatakan program spionase telah "berlangsung selama beberapa dekade" dari berbagai kekuatan.

Menurut Peters yang menjadi masalah sekarang adalah bahwa tuduhan melakukan mata-mata itu hanya ditujukan kepada China saja, padahal selama ini tindakan tersebut juga dilakukan negara lain.

Dan juga bahwa sikap curiga terhadap warga China sebenarnya disebabkan dari kecurigaan yang bermula dari 100 tahun lalu.

Selain itu juga memang karena kemampuan Beijing yang lebih kuat untuk bisa menjangkau warga mereka sendiri yang berada di luar negeri.

"Itulah alasan mengapa warga China tidak melakukan protes adalah karena mereka takut adanya ancaman dari dalam China ika mereka melakukan hal itu - dan ini sudah terjadi di banyak negara Barat," katanya.

Selandia Baru bangkit sikapi dorongan China di Pasifik