Logo BBC

Tikus atau Kelinci? Hewan Langka Dilepaskan Lagi Setelah 100 Tahun

Bilby memakan akar tanaman, semut, kumbang, dan laba-laba. - Science Photo Library
Bilby memakan akar tanaman, semut, kumbang, dan laba-laba. - Science Photo Library
Sumber :
  • bbc

Suatu spesies hewan langka -dan lucu- di Australia kembali dilepaskan kembali ke alam liar di New South Wales untuk pertama kalinya setelah lebih dari 100 tahun.

Bilby- hewan mamalia dengan telinga panjang seperti kelinci- tercatat berkeliaran di alam bebas di negara bagian tersebut pada tahun 1912.

Namun kini 30 ekor hewan berkantung itu dilepas-liarkan ke sebuah wilayah luas yang terlindung dari ancaman predator, yang terletak di dekat kota Narrabri, di barat laut kota Sydney.

Pelepasan hewan-hewan itu dipandang sebagai kemenangan besar dalam upaya menyelamatkan mereka dari kepunahan.


Kunjungan keluarga kerajaan: Pangeran George terkesan ketika melihat bilby di kebun binatang Sydney pada tahun 2014. - Getty Images

Namun, tanpa pagar pelindung sepanjang 32km, hewan-hewan itu mungkin tidak akan bisa bertahan hidup, lapor wartawan BBC Phil Mercer di Sydney.

Populasi bilby - yang makanannya berupa akar tanaman, semut, kumbang, dan laba-laba - lenyap dari pandangan di negara bagian Australia yang paling padat penduduknya itu, sebelum meletusnya Perang Dunia I menyusul masuknya predator mereka seperti kucing dan rubah.