Wali Kota Polandia Ditusuk di Atas Panggung

Ilustrasi penusukan.
Sumber :
  • www.freevector.com

VIVA –  Walikota kota Gdansk di Polandia utara, Adamowicz, ditikam pada Minggu malam, 13 Januari 2019. Ia ditusuk saat di atas panggung saat memimpin sebuah acara konser amal. 

Pria Polandia Ditangkap Atas Tuduhan Spionase Bantu Rusia Bunuh Zelensky

Adamowicz, yang telah menjabat sebagai walikota Gdansk sejak 1998, sempat tak sadar setelah penusukan terjadi. Namun ia berhasil disadarkan kembali di tempat kejadian dan dilarikan ke rumah sakit terdekat. Adamowicz dikabarkan langsung menjalani operasi. Saat ini, menurut dokter, wali kota malang itu berada dalam kondisi kritis dan serius. 

Insiden tersebut menuai kecaman. Menteri Dalam Negeri Joachim Brudziski menggambarkannya sebagai "serangan kebiadaban yang tak bisa dijelaskan". Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan, “Hari ini saya tanpa syarat bersamanya dan orang-orang yang dicintainya, sama seperti saya berharap kita semua adalah rekan senegaranya. Saya berdoa agar dia kembali ke kesehatan dan kekuatan penuh," ujarnya seperti dikutip dari The Guardian, Senin, 14 Januari 2019.

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

Kasus penusukan Adamowicz juga menuai simpati dunia. Wali kota London, Sadiq Khan menyampaikan simpatinya melalui akun Twitter. "Terkejut mendengar serangan terhadap Adamowicz, Walikota Gdansk, malam ini. Mengirimkan harapan terbaik untuk pemulihannya yang cepat, dan solidaritas terhadap kota yang dipimpinnya, keluarga dan pendukungnya," tulis Sadiq Khan.

Laporan media Polandia yang mengutip sumber-sumber kepolisian menyebut tersangka penyerang adalah Stefan W, seorang pemuda berusia 27 tahun dari Gdansk. Ia tercatat memiliki catatan kejahatan kekerasan. Hukum Polandia membatasi nama keluarga orang-orang yang dituduh melakukan kejahatan.

Rekaman video dari insiden tersebut menunjukkan penyerang berbicara kepada orang banyak dari mikrofon di atas panggung. Dia dilaporkan mengatakan: "Halo! Halo! Nama saya Stefan. Saya duduk tidak bersalah di penjara, saya tidak bersalah di penjara. Civic Platform menyiksaku, dan itulah sebabnya Adamowicz mati."

Adamowicz adalah anggota Platform Sipil pro-Eropa Polandia, yang memerintah Polandia antara 2007 dan 2015, sebelum meninggalkan partai untuk bertarung dalam pemilihan lokal sebagai independen.Stefan W dihukum karena serangkaian kekerasan dan dihukum penjara pada tahun 2014, periode di mana Adamowicz aktif berpartai.

Presiden Kolombia (Doc: ANews)

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Moskow mengerahkan rudal nuklir taktis di Belarus tahun lalu di tengah ketegangan dengan NATO, menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024